Incinews.net
Selasa, 05 Maret 2024, 22.02 WIB
Last Updated 2024-03-05T14:08:17Z
Kabupaten Lombok TimurNTBPemerintahan

Inilah Desa yang Dikukuhkan Jadi Desa Sentra Konveksi NTB

Foto: Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si mengukuhkan Desa Selagik Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur sebagai Desa Sentra Konveksi di NTB.


MEDia INSAN CITA (inciNews.net) Lombok -

Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si mengukuhkan Desa Selagik Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur sebagai Desa Sentra Konveksi di NTB.

Hal tersebut demi mendukung industri fashion di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pengukuhan tersebut dilakukan saat Kunjungan Jumat Salam 1 Maret 2024. 
Mig Gite ke desa tersebut didampingi Disperin NTB. 

Selagik adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa ini dikenal sebagai sentra konveksi, terutama seragam sekolah dan kantor. Lebih dari 150 pelaku usaha konveksi dimiliki oleh Desa Selagik, dengan jangkauan pemasaran yang telah meluas hingga keluar wilayah Provinsi NTB. Dengan adanya potensi ini Desa Selagik resmi dikukuhkan menjadi Desa sentra konveksi sebagai pendukung industri fashion di NTB. 

"Dengan berbagai macam inovasinya, kita berharap Desa Selagik ke depan akan menjadi sentra konveksi, dan menjadi desa percontohan yang akan banyak dikunjungi, bukan saja masyarakat lokal tapi juga nasional," ungkap Miq Gite. 


Dalam dialognya Miq Gite berharap produk-produk yang dihasilkan konveksi Desa Selagik supaya bisa masuk dalam e-katalog, guna memperluas pemasaran di jejaring IT hingga bisa dikenal luas ke manca negara. Selain itu juga melalui e-katalog secara administratif produk dari konveksi ini bisa ikut dalam pengadaan barang jasa yang dilakukan pemerintah daerah.


Miq Gite mengimbau agar IKM konveksi yang berada di Desa Selagik dapat perhatian penuh Pemprov NTB maupun Pemkab Lombok Timur dalam pembinaan. Hal tersebut untuk menjaga kualitas dan kuantitas serta terus memperbaiki kekurangan. Terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman agar tetap eksis berproduksi dalam memajukan industri konveksi di NTB. 


Untuk mendukung IKM yang ada di Desa Selagik tetap berproduksi untuk mengurangi angka pengangguran dan membuka lapangan kerja baru bagi wirausahawan muda di Kabupaten Lombok Timur, maka pemerintah berkomitmen untuk  memberikan bantuan baik dalam bentuk pembinaan, bantuan peralatan dan permodalan.


Pada kesempatan tersebut, Miq Gite berkesempatan mengunjungi beberapa tempat konveksi yang berada di Desa Selagik. Sekaligus bersilaturahmi dan melihat langsung aktivitas IKM. Dalam kunjungan tersebut Miq Gite langsung memesan dibuatkan rompi dari salah satu IKM konveksi