Incinews.net
Kamis, 14 Maret 2024, 16.15 WIB
Last Updated 2024-03-14T09:27:04Z
Kabupaten BimaKPUNTBPemilu

'Daftar 45 Anggota DPRD Terpilih Kabupaten Bima 2024-2029' Golkar Masih Digdaya, PPP dan PDIP Kursinya Bertambah

Foto: Ilustrasi Kursi DPRD Kabupaten Bima.


MEDia INSA CITA (inciNews.net) BIMA -

Komposisi partai politik atau parpol yang akan menduduki kursi DPRD Kabupaten Bima sesuai hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 diproyeksikan diisi dengan  wajah baru. Namun, ada parpol yang jumlah kursinya berkurang dan ada juga yang bertambah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima sudah merampungkan Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat Provinsi kemarin bersama sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi NTB.

Hasil rekapitulasi itu kemudian ditetapkan dalam formulir D Hasil kabupaten yang memuat hasil perolehan suara sah masing-masing parpol dan caleg.

Penentuan perolehan kursi DPRD termasuk di Kabupaten Bima sesuai Peraturan KPU (PKPU) menggunakan metode Sainte Lague di mana suara parpol di masing-masing diranking dari yang paling banyak hingga yang paling sedikit. Suara parpol itu kemudian dibagi dengan bilangan pembagi ganjil 1, 3, 5, 7, dan seterusnya untuk setiap kursi sesuai kuota di dapil tersebut.

Berdasarkan data perolehan suara parpol per kecamatan kemudian dikelompokkan per dapil dan dihitung menggunakan rumus Sainte Lague, Media ini mendapatkan data ada 12 parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Bima pada Pemilu 2024.

Dari 12 parpol itu, Partai Golkar Kabupaten Bima dipimpin oleh Hj. Indah Damayanti Putri, SE. M.IP., berhasil mendapatkan 62.545 suara, sehingga 
Golkar masih mendominasi perolehan kursi di DPRD Kabupaten Bima dengan jumlah 9 kursi, disusul Partai PPP 6 kursi, PAN 5 kursi, Partai NasDem 4 Kursi, Demokrat 4 kursi, PKS 4 Kursi, Partai Gerindra 4 Kursi, PDIP 4 Kursi, PKB 2 Kursi, PBB 1 kursi, Gelora 1 Kursi dan Hanura 1 Kursi.

Separuh dari 45 kursi DPRD Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), periode 2024-2029 bakal diisi wajah baru. Tercatat sebanyak 25 pendatang baru yang dipastikan lolos dan 20 sisanya adalah caleg petahana atau incumbent.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menyampaikan, pleno rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Bima sudah diselesaikan sejak Rabu (6/3/2024) kemarin. "Data rekap hasil bisa didownload di FB KPU Kabupaten Bima," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Ady Supriadin, Rabu (13/3/2024) malam.


Menurutnya, hasil rapat pleno terbuka tersebut sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) KPU Kabupaten Bima Nomor 728 Tahun 2024 tentang penetapan hasil pemilihan umum anggota DPRD Kabupaten Bima. Adapun, jumlah suara sah seluruh partai politik (parpol) sebanyak 307.905 suara.


Berikut daftar 45 Caleg yang akan menduduki kursi DPRD Kabupaten Bima periode 2024-2029:


Dapil Bima I (Kecamatan Monta, Woha, dan Parado)


1. Firdaus (PDIP)
2. Ismail (PKS)
3. Muhammad Isnaini (Demokrat)
4. Ahmad (PBB)
5. Muhammad Zaidan, (Nasdem)
6. Hilda Komaladewi (Golkar)
7. Muh Syahrul Sa'ban (Gerindra)
8. Irwan (Gelora)
9. Ilham (PPP).


Dapil Bima II (Kecamatan Bolo dan Madapangga).


1. Muhammad Putera Ferryandi (Golkar)
2. Kurniawan (PAN)
3. Nurhayati (PPP)
4. Muhammad Amin (Nasdem)
5. Sri Langit Nawaksara (Demokrat)
6. Nurdin Amin (PDIP)
7. Syamsuddin (Golkar)


Dapil Bima III (Kecamatan Donggo, Sanggar, Soromandi, dan Tambora).


1. Muhammad Erwin (PPP)
2. Rafidin (PAN)
3. Supardi (Gerindra)
4. Ramdin (Golkar)
5. Lila Ramadhani Sukendy (Golkar)


Dapil Bima IV (Kecamatan Wera dan Ambalawi)


1. Ibnu Hajar (Golkar)
2. Muliawan Afriadin (PDI-P)
3. Adlan (PAN)
4. Muhammad Warman (PKS)
5. Yusran (PPP)


Dapil Bima V (Kecamatan Sape dan Lambu) 


1. Syarifudin (Gerindra)
2. Diah Citra Pravitasari (Golkar)
3. Saiful (PAN)
4. Rukmini (PKS)
5. Kamaruddin (Hanura)
6. Muhamad Aris (Nasdem)
7. Jasmin (PPP)
8. Nurdin (PKB)
9. Fatimah (Demokrat).


Dapil Bima VI (Kecamatan Belo, Wawo, Langgudu, dan Palibelo)


1. Mus Mulyadin (Golkar)
2. Syaifullah (PKS)
3. Ardiwin (PPP)
4. Suhartini (Golkar)
5. Nukrah (Demokrat)
6. Muhtar (PKB)
6. Muhammad Salahuddin (Gerindra)
7. Murni Suciyanti (PAN)
8. M Taufan (PDI-P)
10. Nazaruddin (NasDem).


Terpisah, Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, menjelaskan Golkar masih menjadi parpol yang sangat dicintai masyarakat Bima, terbukti mendapatkan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Bima. Artinya, kursi ketua DPRD periode 2024-2029 masih berada di tangan Golkar.

"Alhamdulillah Golkar masih menjadi jawara di Pileg 2024 mendapatkan Kursi terbanyak. Sehingga secara otomatis ketua DPRD 2024-2029 tetap milik Golkar,"ungkap  Bupati Perempuan Pertama Kabupaten Bima. Kamis (14/3/2024).

Ketua PPP Kabupaten Bima,  Muhammad Erwin, S.IP,. M.IP, menyampaikan untuk perolehan kursi Partai PPP, di pemilu 2024 bertambah.


"Alhamdulillah PPP Kabupaten Bima mengalami kemajuan dalam perolehan kursi yang dulunya di periode 2019-2024 berjumlah 5 kursi, namun di periode sekarang 2024-2029 meningkat menjadi 6 kursi (semua dapil terisi),"kata Erwin.

 

Katanya, hasil Ini berkat kerja sama seluruh Caleg, Pimpinan DPC, Pimpinan PAC, Kader serta simpatisan PPP Kabupaten Bima.

"Maka Dalam kesempatan ini izinkan kami mewakili DPC PPP Kabupaten Bima Mengucapkan terima kasih kepada segenap Masyarakat Kabupaten Bima yang telah memilih dan mempercayakan amanat Rakyat Kepada Kami Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Bima, semoga kami tetap istiqomah bersama rakyat Bima,"ungkapnya. 

Sementara, Ketua DPC PDIP Nurdin Amin, SH. merasakan hal yang sama dengan Ketua PPP Kabupaten Bima, yang dimana partainya mengalami penambahan Kursi. Pihaknya bersyukur di Pemilu 2024 ini Partai PDIP mendapatkan penambahan Kursi DPRD di Kabupaten Bima dari Pemilu 2019.

"PDIP mendapatkan penambahan dua kursi untuk DPRD Kabupaten Bima dari Pemilu 2019, sekarang di Pemilu 2024 jadi empat Kursi, diantaranya Dapil 1, 2, 4 dan 6," kata Pria yang akrab disapa Om Digon.

Pria yang saat ini terpilih jadi Wakil Rakyat di dapil Kabupaten Bima II (Bolo dan Madapangga), mengakui, penambahan Kursi untuk DPRD Partai PDIP adalah hasil perjuangan para caleg, Pimpinan PAC, dan seluruh kader yang tampah lelah terus turun menyapa masyarakat di akar rumput. Sehingga imbasnya mendapatkan dukungan dan kepercayaan dari masyarakat.

"Selaku Ketua DPC PDI Kabupaten Bima manyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran kepengurusan, Kader, Caleg Partai PDIP, dan seluruh masyarakat Kabupaten Bima yang telah memilih dan mempercayakan amanat Rakyat Kepada Kami Partai PDIP, semoga kami tetap amanah dan terus menyampaikan aspirasi masyarakat  bersama rakyat di Kabupaten Bima,"ujarnya.