Incinews.net
Sabtu, 05 Agustus 2023, 18.48 WIB
Last Updated 2023-08-11T00:54:17Z
KesehatanNTBNTBgemilangPemerintahanPendidikanRSUD

Selamat, Akhirnya Bayi Berkaki Enam Berhasil Dioperasi di RSUD Provinsi NTB

Foto : Direktur RSUD NTB dr Lalu Herman Mahaputra (kanan) bersama tim dokter dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya dan RSUD NTB saat menggelar konferensi pers Operasi Bayi Kembar Siam di RSUDP NTB. 


INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM -

Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (RSUDP NTB) telah berhasil melakukan Operasi Bayi Kembar Siam MK usia 7 bulan yang berasal dari Lombok Timur. Dalam ilmu kedokteran kasus Kembar Siam dikenal dengan nama Parasitic ischiopagus conjoined twins.

Operasi Bayi Kembar Siam yang dilaksanakan pada Jumat, (5/8/23) ini, melibatkan 16 dokter spesialis RSUD NTB dan dokter spesialis dari Tim Bayi Kembar Siam RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

"Operasi bayi kembar siam ini kami dari RSUD Provinsi NTB melakukan kerjasama dengan RSUD Dr. Soetomo Surabaya," ungkap Direktur RSUD NTB dr. Lalu Herman Mahaputra, saat konferensi pers, Jumat, 5 Agustus 2023. Jumpa pers yang dilakukan pukul 16.00 Wita di Aula Prof Soewignjo juga dihadiri oleh dr. Sunanto, Sp.BA ( Ketua Tim Medis Penanganan Bayi Kembar Siam RSUD Provinsi NTB), dr. H. Suharjendro, Sp.U (RSUD Provinsi NTB) dan dr. Poerwadi, Sp.BA SubSp DA (K) (Dokter Spesialis Bedah Anak dari Tim Bayi Kembar Siam Dr. Soetomo Surabaya), serta beberapa Dokter Spesialis RSUD Provinsi NTB yang terlibat dalam operasi Bayi Kembar Siam tersebut. 

dr Poerwadi Sp.BA SubSp DA (K), memberikan apresiasi kepada Direktur RSUD Provinsi NTB dan Tim Dokter Spesialis yang terlibat atas keberhasilan penanganan Bayi Kembar Siam yang dilakukan oleh RSUD Provinsi NTB.

 "Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Operasinya berjalan sesuai harapan. Semua sudah tercukupi oleh pak direktur (RSUD NTB)," ungkapnya.

 Untuk diketahui, pasien Bayi Kembar siam mulai dibawa ke kamar Operasi pukul 06.30 Wita dari Ruang Perawatan VIP Senggigi. Dan Operasi Bayi Kembar Siam secara keseluruhan selesai dan pasien dibawa keluar dari ruang operasi pada pukul 22.30 Wita, dan selanjutnya dilakukan perawatan di Ruang ICU/PICU. Adapun Tim dokter yang terlibat pada operasi Bayi Kembar Siam Paracitic Ischiopagus Conjoined Twins di RSUD Provinsi NTB, yakni:

1. dr. Sunanto, Sp.BA
 2. dr. Elya Endriani, Sp.An 
3. dr. Linda Silvana Sari, M.Biomed, Sp.A 
4. dr. Nur Nailul, Sp.A 
5. dr. Tristina Wardani, M.Biomed, Sp.A 
6. dr. Ruth Daisy Suriadji, Sp.A
 7. dr. Rifki Kurniawan. Sp.BP 
8. dr. Rudi Febrianto, Sp.OT 
9. dr. H. Suharjendro, Sp.U 
10. dr. Syahriar Muhammad, Sp.Rad. 
11. dr. Andi Nauman Saputra,Sp.An-TI, M.Ked. Klinik 12. dr. Komang Yose Antara, Sp.B 
13. dr. Arif Zuhan, Sp. B.(K) BD 
14. dr. Menik Widyasari, Sp.KFR
 15. dr. I Made Arya Winatha Sp.B(K) V 
16. dr. Poerwadi, Sp.BA. SubSp DA (K) (Tim Bayi Kembar Siam RSUD DR Soetomo Surabaya) 
17.dr. Alki Andana , Sp.B.P.R.E., Subp. K.M. (K) (RSUD Dr. Soetomo Surabaya).