Incinews.net
Sabtu, 05 Agustus 2023, 17.30 WIB
Last Updated 2023-08-05T10:51:09Z
Gubernur ZulkieflimasnyahLombok TengahNTBNTBgemilangPemerintahan

Zul Rohmi Sambut Menteri Energi Inggris, Ambisi NTB Wujudkan NZE 2050

Foto: Gubenur dan Wakil Gubernur NTB Saat mendampingi Rombongan menteri Keamanan Energi Kerajaan Inggris.


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK -

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah sambut kedatangan menteri Energi kerajaan Inggris, Graham Stuart ke Provinsi NTB di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) pada Sabtu (5/8/2023). 

"Bersama Bu Wagub Menemani Menteri Energi Inggris di KEKER. Suasananya nyaman sekali,"kata Gubernur NTB.

Adapun kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan kemitraan Inggris yang semakin berkembang dengan Indonesia dalam transisi energi bersih. Selain itu, Menteri Stuart juga akan menjajaki peluang lebih lanjut untuk investasi Inggris, perdagangan, dan saling berbagi keahlian untuk mendukung aksi iklim sesuai dengan Peta Jalan Kemitraan Inggris-Indonesia. 

Dalam momentum ini pula, Menteri Stuart akan mengumumkan perpanjangan kemitraan MENTARI Inggris-Indonesia (Menuju Transisi Energi Rendah Karbon Indonesia). 

Dihadapan Menteri Stuart, Gubernur dan Wagub kompak menyampaikan keseriusan Pemerintah Provinsi dalam menargetkan NTB Net Zero Emission (NZE) 2050. Bahkan, target tersebut lebih cepat 10 tahun dari Pemerintah Indonesia yakni 2060. 

Bang Zul dan Umi Rohmi sapaannya, optimis dengan komitmen dan sinergi yang kuat dari seluruh pihak maka target ini mampu direalisasikan. Untuk itu, Pemprov NTB menyampaikan kesiapan dan dukungan dalam menyukseskan program yang sedang dan akan dijalin kedepannya. 

Di Lombok, Menteri Stuart ditemani jajaran Pemprov NTB akan mengunjungi Bendungan Pandanduri Lombok Timur. Ia akan menyaksikan langsung program MENTARI dalam memfasilitasi peningkatan fungsi bendungan milik negara yang sudah ada, menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro. 

"Saya dengan senang hati mengumumkan perpanjangan Kemitraan Energi Rendah Karbon MENTARI UK-Indonesia," ucap Menteri Stuart.