Incinews.net
Senin, 14 Agustus 2023, 22.30 WIB
Last Updated 2023-08-14T17:34:09Z
Kabupaten Lombok BaratKampusNTBPemerintahPendidikanUIN

Ratusan Dosen Indonesia Ikuti PKDP Di Senggigi, Berikut Arahan Wakil Rektor UIN Mataram

Foto: Wakil Rektor I UIN Mataram, Prof. Dr. Adi Fadli, M.Ag saat jadi pemateri di acara PKDP.


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK -

Ratusan Dosen di berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Penguatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) dimulai pada hari Senin, tanggal 14 Agustus 2023. Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Agama, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Bertempat di Hotel Djayakarta Senggigi, Lombok Barat.

Wakil Rektor I UIN Mataram, Prof. Dr. Adi Fadli, M.Ag, yang secara tegas mengajak para peserta untuk memahami pentingnya menyesuaikan model pembelajaran dengan perkembangan zaman yang terus berubah. Dalam paparannya, Prof. Dr. Adi Fadli juga memberikan nasihat berharga kepada para dosen pemula.

Dalam upaya memotivasi para peserta, Prof. Dr. Adi Fadli menekankan pentingnya keseriusan dan produktivitas dalam menghasilkan karya ilmiah. Ia mendorong para peserta untuk tidak terlena dengan jabatan struktural yang dimiliki saat ini. 

"Saya harap lebih berfokus pada pengembangan jabatan akademik yang jauh lebih berkesinambungan,"pintanya saat menghadiri acara pembekalan.

Lebih lanjut, Wakil Rektor I mengajak peserta PKDP yang masih memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi S2 agar mengambil langkah tersebut. 

"Bahwa pendidikan lanjutan akan semakin meningkatkan kualitas akademik peserta, yang kemudian akan memberikan dampak positif bagi perguruan tinggi tempat mereka bekerja,"ujarnya.

Prof. Dr. Adi Fadli juga agar peserta lebih mengedepankan pentingnya budaya akademik dalam seorang akademisi. Ia juga menggarisbawahi pentingnya membaca, menulis, berdiskusi, dan berinvestasi dalam buku-buku yang dapat meningkatkan wawasan. Selain itu, ia mendorong setiap akademisi untuk tetap menjaga semangat akademik dengan menetapkan target-target yang menjadi acuan dalam meniti karir akademis.

Dalam konteks pembelajaran, Prof. Dr. Adi Fadli menegaskan bahwa seorang dosen harus merumuskan tujuan pembelajaran secara komprehensif, dengan menjadikan mahasiswa sebagai subjek pembelajaran bukan sekadar objek. 

"Betapa pentingnya mengembangkan interaksi dan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses belajar mengajar,"katanya.

Prof. Dr. Adi Fadli imbau bagi seluruh peserta agar mengikuti PKDP dengan baik dan berakhir dengan predikat lulus.

"Dengan semangat yang terpatri, peserta PKDP diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan dan menjadi agen perubahan di masyarakat,"tutupnya.

Kegiatan ini berlangsung sekitar satu Minggu, dimulai pada hari Minggu 13 -18 Agustus 2023, dan diikuti sekitar 120 dosen diberbagai Kampus di Indonesia.