Incinews.net
Selasa, 15 Agustus 2023, 22.22 WIB
Last Updated 2023-08-16T14:38:39Z
NTBPemerintahTNI

NTB Miliki 10 Pilot Wanita, Bunda Niken Salut Atas Capaian Karier TNI WARA

Foto: Pilot TNI Angkatan Udara.


INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM -

Patut kita bangga, rupanya NTB memiliki 10 pilot Perempuan. Mereka ini adalah dari satuan TNI Wara angkatan udara Lanud TGKH M. ZAM.

Di Upacara dan Syukuran Peringatan Ke-60 Hari Ulang Tahun Wanita Angkatan Udara Tahun 2023 di Lapangan Mako Lanud TGKH M. ZAM, pada Senin 14 Agustus 2023, Ketua TP PKK NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE. M.Sc. mengapresiasi kemajuan karier perempuan tentara wanita atau TNI WARA Angkatan Udara yang ada di NTB. Kemajuan tersebut di antaranya, Provinsi NTB kini memiliki 10 pilot perempuan tentara wanita atau TNI WARA  Angkatan Udara.

"Saya senang dan bahagia mendengar di Angkatan Udara NTB perempuannya sudah cukup banyak dan ada 10 pilot wanita. Ini luar biasa!" ungkap Bunda Niken. 

Menurut Bunda PAUD Nasional tersebut, tidak mudah bagi perempuan berkarier di bidang yang mayoritasnya diisi laki-laki. Namun jika diberi kesempatan, perempuan pasti bisa membuktikan kemampuannya. 

"Saya selalu support untuk perempuan-perempuan tangguh yang rela mengabdikan diri untuk negara," ungkapnya. 

Sementara itu, Komandan Lanud Zam Kolonel Penerbang Erwin Sugiandi M. Han menjelaskan karier TNI WARA di Angkatan Udara NTB sudah sangat bagus. Ada 10 pilot wanita tangguh yang tengah dalam masa pembinaan. Pembinaan tersebut dijelaskan tidaklah mudah dan murah, serta prosesnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, para TNI WARA mampu membuktikan komitmennya. 

"Menyekolahkan seorang pilot tidak murah mudah dan sebentar. prosesnya panjang," ungkap Kolonel Penerbang Erwin Sugiandi. 

Kolonel Penerbang Erwin Sugiandi juga berpesan kepada para TNI WARA NTB untuk tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita, meski mengejar karier. 

"Mengejar pilot tidak seperti mengajar siswa satu kelas. Jika ada 40 pilot maka harus ada 40 guru. Diajarkan harus one by one. Bisa dibayangkan betapa effort nya mencetak pilot. Kejar dulu tuntutannya dengan tidak meninggalkan kodratnya sebagai perempuan," pesannya.