Incinews.net
Rabu, 16 Agustus 2023, 01.30 WIB
Last Updated 2023-08-16T15:24:55Z
GubernurZulkielimansyahJakartaNTBNTBgemilangPemerintah

NTB Dipercaya Sebagai Daerah Pembangunan Rendah Karbon Di Indonesia

Foto: Wakil Gubernur NTB saat menyampaikan presentasi di Kementerian PPN/ Bappenas.


INSAN CITA (inciNews.net) JAKARTA -

Pemerintah menunjuk dan memberikan kepercayaan kepada Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai salah satu daerah pembangunan rendah karbon di Indonesia.

Kepercayaan tersebut dituangkan lewat dokumen perjanjian kerjasama. Provinsi NTB melalui Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menandatangani Nota Kesepakatan Perencanaan Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim (PRKBI) bersama Menteri PPN/ Kepala Bappenas di Kantor Kementerian PPN/ Bappenas, Jakarta Pusat, Selasa 15 Agustus 2023.

Hal tersebut dalam rangka memperkuat internalisasi penanganan perubahan iklim dalam bentuk perencanaan PRKBI ke dalam dokumen perencanaan daerah, serta memperkuat implementasi Program Prioritas yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, Kementerian PPN/ Bappenas. 

Wagub NTB, yang didampingi oleh Kepala Bappeda NTB dan Kepala Dinas LHK NTB, menyampaikan bahwa Pemprov NTB sejak 2018 telah berkomitmen dan berupaya melakukan pelestarian lingkungan melalui berbagai program prioritas. 

Salah satunya, seperti NTB Bersih yang telah diinisiasi sejak 2018, dimana program ini fokus pada pengolahan sampah sehingga, dari waktu ke waktu pengelolaan sampah di NTB sudah semakin meningkat. 

Wagub juga turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bappenas, yang telah menunjuk NTB sebagai salah satu daerah yang fokus untuk pembangunan rendah karbon. 

"Kita berharap, yang kita ikhtiarkan bersama ini, kedepannya akan bisa terwujud dengan baik," ucap Wagub yang akrab disapa Umi Rohmi tersebut.