Incinews.net
Rabu, 16 Agustus 2023, 06.30 WIB
Last Updated 2023-08-16T05:04:44Z
GubernurZulkielimansyahJakartaNTBNTBgemilangPemerintah

Gubernur NTB Raih Upakarya Wanua Nugraha 2023 Dari Kementerian Dalam Negeri

Foto: Penghargaan itu diterima Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, mewakili Gubernur Dr Zulkieflimansyah.


INSAN CITA (inciNews.net) JAKARTA -

Provinsi NTB kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah nasional.
Setelah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pertanian, giliran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan Kepada Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah Upakarya Wanua Nugraha 2023 atau Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi 2023 atas keberhasilannya dalam membina desa dan kelurahan.

Keberhasilan pembinaan desa dan kelurahan di NTB itu terbukti dengan peraihan Juara Satu dalam Lomba Kelurahan Tingkat Regional dan Juara Dua Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2023.


Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2023 diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian, di Hotel Discovery, Ancol, Kecamatan Pademan. Selasa (15/8/2023).


Penghargaan itu diterima Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, mewakili Gubernur Dr Zulkieflimansyah.


"Alhamdulillah, semalam mewakili Pak Gubernur, menerima Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha Tahun 2023 yang Diterima Pemprov NTB atas Prestasi dan Komitmen Dalam Memajukan Desa dan Kelurahan di Nusa Tenggara Barat," Perempuan yang akrab disapa Umi Rohmi. 


Seperti diketahui, Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2023 merupakan wujud apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan sekaligus sarana penyebarluasan informasi mengenai keberhasilan mereka dalam memajukan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatannya.


Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2023 diharapkan mampu membangun semangat kompetisi antara Desa dan Kelurahan di setiap daerah mendorong pemerintahan Desa dan Kelurahan untuk melakukan inovasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.


Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha diberikan kepada kepala daerah sebagai pembina Desa juara lomba desa dan kelurahan tahun 2023 atas prestasi dan komitmen dalam memajukan desa dan kelurahan di wilayahnya.


Selain Gubernur NTB, penghargaan juga diberikan kepada Gubernur di enam Provinsi lain. Yakni Gubernur Riau, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Bali, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Lampung, dan Nusa Tenggara Timur.


Pada pembukaan Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi tahun 2023 itu, Mendagri M. Tito Karnavian menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Daerah khususnya pada para Gubernur yang telah berhasil terpilih dari 38 Gubernur se-Indonesia. 

"Saya berharap prestasi yang diraih oleh 8 Provinsi ini juga dapat memotivasi Provinsi lainnya, sehingga desa dan kelurahannya semakin berkembang dan maju,"katanya.