Incinews.net
Selasa, 22 Agustus 2023, 13.33 WIB
Last Updated 2023-08-22T06:58:52Z
BawasluGubernurZulkielimansyahKPUNTBNTBgemilangPartaiPemerintahPoldaPolitikPolri

18 Partai Politik Di NTB Deklarasi Pemilu Damai Yang Diinisiasi Kapolda Djoko

Foto: Ketua Bawaslu NTB Itratip saat memimpin pembacaan ikrar atau Isi naskah komitmen yang ditanda tangani oleh 18 partai politik.


INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM -

Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar Deklarasi Pemilu Damai di Tribun Lapangan Bhara Daksa, Polda NTB, Selasa (22/8/2023).
Deklarasi Pemilu Damai yang diinisiasi Polda NTB dihadiri 18 pimpinan partai Politik di NTB, yang akan terlibat dalam pemilihan umum tahun 2024 mendatang.

Kegiatan tersebut diisi dengan pernyataan sikap oleh semua partai politik yang akan terlibat dalam Pemilu tahun 2024 mendatang.

Pernyataan sikap tersebut dipimpin langsung oleh ketua Bawaslu NTB Itratip dan diikuti oleh para pimpinan Partai yang hadir.

Usai menyampaikan pernyataan sikap, 18 pimpinan partai politik yang hadir, menandatangani papan naskah komitment bersama yang disiapkan Polda NTB.

Selain 18 partai politik, juga hadir Gubernur NTB,Kapolda NTB,Danrem 162/WB Ketua Bawaslu, Ketua KPU dan  turut menandatangani naskah tersebut.

Isi naskah komitmen yang ditanda tangani oleh 18 partai politik tersebut ada 4, antara lain:

1. Berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI dengan tidak melakukan politisasi SARA.

2. Mewujudkan Pemilu sebagai sarana integritas bangsa dan menolak segala bentuk pelanggaran dengan alasan apapun.

3. Melaksanakan pemilu tahun 2024 yang langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil.

4. Saling menghargai dan menghormati hak serta perbedaan masing-masing peserta pemilu tahun 2024.

Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan, kegiatan Deklarasi Pemilu Damai itu diselenggarakan untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman dan kondusif saat Pemilu tahun 2024 mendatang berlangsung.

"kita ingin Pemilu tahun 2024 mendatang, berjalan dengan aman, nyaman dan damai," ungkap Djoko dalam sambutannya.

Kegiatan itu disambut baik oleh semua pihak, terutama KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu sebagai pengawas pemilu.

"kami ucapkan terimakasih kepada Polda NTB yang telah menginisiasi kegiatan ini, semoga Pemilu 2024 mendatang berjalan aman, damai dan kondusif," ungkap Ketua KPU NTB Suhardi Sout dalan sambutannya.

Deklarasi Pemilu Damai dihadiri Gubernur Prov NTB, Kapolda NTB, Forkompida, Ketua KPU Provinsi NTB, Ketua-Ketua Parpol Peserta Pemilu dan tokoh agama dan masyarakat. 

"Deklarasi damai ini merupakan komitmen bersama menciptakan rasa aman bagi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. Pemilih tidak boleh memilih karena perasaan cemas dan takut,"kata Ketua Bawaslu NTB Itratip.