Incinews.net
Selasa, 18 Juli 2023, 20.17 WIB
Last Updated 2023-07-20T12:33:42Z
BimaNTB

Pawai "Bima RAMAH Dalam Balutan Tembe Nggoli" Akan Menghiasi Hari Jadi Bima dan HUT RI

Foto: Sekda NTB saat Memimpin Rapat untuk penyelenggaraan Pawai Budaya.


INSAN CITA (inciNews.net) BIMA -Kabupaten Bima Provinsi NTB akan menyelenggarakan pawai atau karnaval Budaya dalam rangka meriahkan hari jadi Bima Ke-383 dan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada hari sabtu (29/7/2023) dengan mengambil rute titik start dari Cabang Tente menuju perempatan Cabang Talabiu Kecamatan Woha. 

Pawai Budaya tahun ini mengusung tema "Bima RAMAH Dalam Balutan Tembe Nggoli". 

"Kegiatan tersebut akan diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, BUMN/BUMD, Paguyuban Etnis Nusantara, mitra kerja pemerintah daerah dan Sekolah, komunitas," ungkap Sekda Kabupaten Bima H.M. Taufik Hak, M.Si saat memimpin rapat persiapan kegiatan tersebut di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima dengan didampingi Ketua Dekranasda Hj.Rostiati Dahlan, S.Pd.

Sementara, Ketua Panitia Fatahullah, S.Pd  memaparkan,  pawai  mencakup keragaman seni dan budaya, produk tenun Bima, khususnya Tembe Nggoli untuk memecahkan catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pawai dengan peserta rimpu terbanyak.

"Ditargetkan sebanyak 12 ribu tenaga pendidik dan kependidikan, 20 ribuan pegawai kecamatan,  UPT dan elemen masyarakat se Kabupaten Bima, 500an  ASN dan keluarga di lingkungan Sekretariat Daerah, serta 2.000an ASN dan keluarga di OPD mengikuti pawai Budaya ini. Panitia menyediakan beragam hadiah doorprize di titik penerimaan selama pawai berlangsung,"jelasnya.

Untuk, Peserta pawai dari wilayah barat (Kecamatan Bolo, Madapangga, Tambora, Sanggar, Soromandi  mengambil rute belok kanan ke arah desa Samili - masuk ke Terminal Tente Peserta pawai dari arah utara dan timur mengambil rute memutar Cabang Talabiu dan belok kanan menuju Godo dan belok kiri ke arah Desa Samili  kemudian masuk Terminal Tente.