Incinews.net
Minggu, 26 Maret 2023, 20.37 WIB
Last Updated 2023-03-26T12:41:48Z
BimaNTB

Bupati Bima Umi Dinda: Bulan Suci Ramadhan Sarana Meningkatkan Kesalehan Sosial

Foto: Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri.


insan cita (inciNews.net) Bima - Ibadah Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu wujud ketaatan orang yang beriman dalam menjalankan perintah Allah SWT dan menciptakan hubungan yang baik antara seorang makhluk dengan Sang Khaliq (Sang Pencipta) atau lebih dikenal dengan Hablum minallah. Hal ini sesuai dengan isi Risalah yang di bawa oleh Nabi Muhammad SAW yaitu membentuk pribadi yang sempurna dengan memiliki hubungan yang baik dengan Sang Khaliq (Hablum Minnallaah).

"Tidak cukup itu saja, puasa juga memiliki dimensi sosial lain yaitu adanya hubungan yang baik dengan sesama manusia (hablum minannaas) sebagai penyempurna nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan dengan menanamkan kepekaaan sosial dan kepedulian bagi sesama yang memiliki kekurangan secara finansial atau kebutuhan lahiriyah yang serba kekurangan. Keimanan dan ketaqwaan akan sempurna jika dibarengi dengan amal shaleh kepada sesama manusia,"sebut Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri,  saat menggelar kegiatan di Masjid Al-Mujahidin Desa Nangawera yang didampingi Kepala  OPD, Camat Wera SE Ilham, SH , Muspika dan Kades Nangawera Umar SH dihadapan jamaah. Minggu (26/3/2023).

Pihaknya juga menjelaskan soal pembagian wilayah untuk kegiatan pemda Bima selamat puasa, dari 18 kecamatan yang ada, tahun ini, Pemkab Bima akan mengisi 9 kecamatan dengan kegiatan Ramadhan Berbagi Dan 9 kecamatan lainnya dengan Safari Ramadhan.

"Pemerintah hadir untuk melakukan Safari dan Berbagi untuk umat yang kurang beruntung karena pemerintah adalah contoh dan tauladan yang akan ditiru dan diikuti oleh masyarakat. Itulah pentingnya kepedulian sosial terus ditumbuh kembangkan". Ungkap Bupati yang akrab disapa Umi Dinda ini.

Pada kesempatan itu, Umi Dinda berharap,  apa yang dilakukan bisa dijadikan contoh oleh para camat, kades  dan jajaran agar masyarakat tergerak hatinya untuk mengisi dan memakmurkan masjid serta mushola.

 "Jadikan ini hal yang harus untuk terus dilakukan dalam memakmurkan masjid,"ungkapnya.

Sementara, Ustadz Gunawan dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa berpuasa ibarat orang yang mengikuti turnamen sepak bola mulai dari sepuluh hari pertama,  sepuluh hari kedua dan sepuluh ketiga. 

"Setiap babak memerlukan keseriusan untuk mencapai babak final,"Katanya.

Usai ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Gunawan, Bupati Bima menyerahkan 55 paket bingkisan kepada takmir masjid, Bhabinkantibmas, Babinsa dan kaum dhuafa di wilayah kecamatan tersebut.

Bupati dan rombongan kemudian bertolak menuju masjid Uswatun Hasanah Desa Nipa Kecamatan Ambalawi untuk melakukan kegiatan yang sama.