Incinews.net
Jumat, 18 Maret 2022, 00.30 WIB
Last Updated 2022-03-31T23:17:43Z
DPRD NTBNTB Mataram

Sekwan DPRD NTB Bantah Soal Anggota Dewan yang Diduga Gunakan Dana Insidentil APBD

Foto: Sekretaris Dewan Provinsi NTB, Mahdi Muhammad.

insan cita (incinews) Mataram - Muncul isu anggota DPRD NTB yang diduga membeli tiket MotoGP Mandalika dengan memakai dana insidentil. Dana itu bersumber dari APBD NTB.


Rumor tersebut mencuat dan beredar luas di WhatsApp Grup kalangan aktivis di Mataram. Anggota dewan itu diisukan menikmati nonton MotoGP Mandalika. 


Cara wakil rakyat dengan membeli tiket menggunakan dana insidentil bukan menggunakan dana perjalanan dapil.


Selain itu, beredar pula tangkapan layar percakapan WhatsApp dewan yang membenarkan penggunaaan dana insidentil untuk menonton MotoGP.


Terkait isu itu, coba konfirmasi beberapa pimpinan DPRD. Namun, belum ada tanggapan. Sementara, Sekretaris Dewan Provinsi NTB, Mahdi Muhammad, membantah tuduhan tersebut. Dia bilang, anggota dewan membeli tiket MotoGP menggunakan uang pribadi. Bukan seperti isu yang beredar yaitu pakai duit bersumber dari APBD.


Tidak ada dana insidentil di DPRD. Anggota beli tiket dari dana beliau masing-masing. Soal sumbernya tergantung anggota bisa uang tabungannya, uang perjalanannya, terserah anggota. Kita hanya memfasilitasi pembeliannya, tidak tahu sumber dananya," kata Mahdi saat Kamis, (17/3/2022).


Adapun  coba mengontak beberapa anggota dewan. Namun, jawaban mereka tidak berkenan untuk memberlakukan klarifikasi. Mereka meminta agar sebaiknya bertanya langsung ke pimpinan dewan. Isu anggota DPRD beli tiket menggunakan dana APBD heboh beredar di media sosial.


NTB akan jadi perhatian dunia karena Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menghelat ajang MotoGP pada 18 hingga 20 Maret 2022. Mandalika akan jadi tempat gelaran seri kedua MotoGP 2022.


Sejumlah pembalap ternama seperti Marc Marquez juga sudah tiba di Tanah Air. Para pembalap itu sempat bertemu dengan Presiden Jokowi. Mereka juga mengikuti parade pembalap MotoGP di Jakarta, Rabu, 16 Maret 2022.


Hasil Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu 20 Maret 2022, sebagai winner yakni Rider Red Bull KTM, Miguel Oliveira. Dia menjadi yang tercepat, dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik. Akibat hujan deras, jumlah lap dipangkas.


Sehingga terhitung menjadi 20 lap saja. Adapun diposisi kedua, yaitu Fabio Quartararo. Meski start diposisi pertama, El Diablo sempat melorot ke posisi lima. Namun dia mampu merangkak naik saat balapan tersisa 5 lap.


Sementara diposisi ketiga, ada Rider Pramac Ducati Johan Zarco. Dia berhasil melengkapi posisi podium dengan selisih 3,158 detik dari Oliveira. Kemudian berturut-turut ada diposisi 10 besar. Mereka adalah Jack Miller, Alex Rins, Joan Mir, Franco Morbidelli, Brad Binder, Aleix Espargaro dan Darryn Binder.


Dengan kemenangan ini, Miguel Oliveira mengantongi 25 poin dalam dua balapan saat seri di Qatar gagal finis. Berikut hasil race MotoGP Mandalika Minggu 20 Maret 2022 :


1. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
3. Johann Zarco (Pramac Ducati)
4. Jack Miller (Ducati)
5. Alex Rins (Suzuki)
6. Joan Mir (Suzuki)
7. Franco Morbidelli (Yamaha)
8. Brad Binder (Red Bull KTM)
9. Aleix Espargaro (Aprilia)
10. Darryn Binder (RNF Yamaha)