Incinews.net
Minggu, 30 Januari 2022, 17.47 WIB
Last Updated 2022-01-30T16:04:18Z
Lombok UtaraNTB

Mahasiswa KKN Unram Ajak Warga Lotim Kembangkan Agrowisata Desa Berbasis Ketahanan Pangan

Foto: Saat Kegiatan Sosialisasi Berlangsung.


insan cita (incinews), Lombok Timur- 
Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) gandeng Desa Sembalun bumbung dan Lawang kabupaten Lombok Timur (Lotim)  menggelar acara sosialisasi diversifikasi dan keamanan pangan untuk mengembangkan agrowisata di desa Sembalun bumbung dan Lawang, kecematan Sembalun, kabupaten Lombok timur. Sabtu (29/1/2022).

Putri Dinda Gunawan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum betapa pentingnya diversifikasi, keamanan pangan dan agrowisata. "Itu dirasa penting untuk pemanfaatan pertanian sebagai basis wisata dan wisata yang berbasis pangan dan sumber daya pertanian sebagai bentuk peningkatan desa sejahtera," Ucap Putri Dinda Gunawan selaku ketua panitia.

Prof. Ir. Muhammad Sarjan, M.Agr.CP.,Ph.D, selaku Pembimbing lapangan mengatakan, Diversifikasi dan keamanan pangan sebagai basis agrowisata ini adalah salah satu program yang cocok dan layak berada di sembalun, "karena potensial wisata dan pangan Sangatlah besar sehingga yang perlu di olah hanya lah terkait dengan diversifikasi dan pemasaran, ketersediaan pangan lokal untuk keamanan pangan nasional," pungkasnya.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi NTB Ir. Hj. Nur Ilmiati, M. Si megungkapkan ketersediaan pangan lokal sebagai basis ketahanan pangan nasional ini penting, sehingga pengembangan sosial ekonomi dan agrowisata di sembalun berjalan dengan baik.

"Dan dapat menjadi icon penting bagi setiap wilayah di Indonesia khususnya NTB,"katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pemerintah untuk tahun ini telah merancang pertanian berbasis digital atau pangan digital. 

Sementara, Alumni kesehatan UGM menyebutkan Sosialisasi ini tidak hanya membahas terkait diversifikasi pangan tapi lebih serius di sampaikan juga terkait dengan Gizi yang ada di berbagai bahan sayuran dan buah buahan. 

"Pengetahuan tentang pentingnya Gizi yang ada dalam tanaman dan buah buahan itu penting sehingga dalam mengkonsumsi nya kita akan lebih tahu pemanfaatan dari pada buahan dan tanaman tersebut," ungkap Nydia Alisa Putri, S.Gz

Kegiatan sosialisasi yang di hadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan pemerintah sekitar Sembalun cukup di apresiasi, mengingat diversifikasi pangan dan keamanan pangan ini penting untuk menjaga kestabilan ekonomi apalagi di era new normal.

Terkait hal itu, Camat sembalun sangat mengapresiasi kegiatan adik-adik mahasiswa Unram. 

"Saya sangat mengapresiasi dengan serius kegiatan sosialisasi ini apalagi untuk narasumbernya sangat paham betul terkait diversifikasi karena penting untuk seluruh masyarakat Sembalun sebagai pemahaman dan pembelajaran baru untuk mengembangkan potensi wisata dan keamanan pangan untuk menuju agrowisata," tutur Camat Sembalun Mertawi. (Red/Dfd)