Incinews.net
Kamis, 18 November 2021, 09.01 WIB
Last Updated 2021-11-18T02:07:47Z
MataramNTB

DKP NTB : Kenyang Gak Harus Nasi

Dikalangan masyarakat cenderung memiliki pola konsumsi makanan pokok karbohidrat dari padi yang diolah menjadi nasi. Padahal masih banyak sumber  pangan lokal lainnya berasal dari umbi-umbian. Salah satunya adalah singkong.

Ayo kita semua khususnya masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencintai dan lebih kreatif dalam mengembangkan serta mengolah kuliner lokal dari umbi-umbian untuk karbohidrat menjadi lebih menarik dan diminati.   
Maka itu, masyarakat bisa memulai mengonsumsi selain beras dan tepung.

Semua bisa di dapat, seperti ubi-ubian, talas, pisang, singkong, jagung, kentang, 
Selain itu, ikan bisa diolah dan dikreasikan sebagai kuliner. Diharapkan, dengan kuliner yang sudah dikreasikan ini, anak-anak kecil pun suka memakannya. 

Semoga masyarakat dimulai kecamatan, kelurahan, kampung sampai rukun tetangga, bahwa pangan lokal sangat penting menjadi pengganti selain beras. Apalagi NTB memiliki potensi wilayah yang dapat menunjang ketersediaan keberagaman pangan lokal.

Begitu juga, sumber bahan masakannya pun banyak terdapat dan tumbuh secara alami di sekitar lingkungan rumah. Sehingga memudahkan untuk mengolahnya menjadi masakan khas NTB. 

Saatnya Kita harus kembali, masyarakat dapat kembali menikmati sekaligus melestarikan kearifan budaya pangan lokal sepertu dulu selain beras.

Sekali lagi, ini bukan sekedar mengurangi nasi, tetapi lebih kepada kesehatan. Bukan sekedar membuat tubuh menjadi langsing, namun yang terpenting untuk kesehatan.