Incinews.net
Jumat, 17 September 2021, 07.54 WIB
Last Updated 2021-09-17T01:29:05Z
BimaOrganisasi

Bupati IDP, Siap Dukung Agenda Strategis HMI

 


Bima,Incinews,Net- Pemerintah Kabupaten Bima berkomitmen mendukung penuh agenda strategis organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) Cabang Bima yang ingin  berpartisipasi dan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan Daerah.

 

Hal tersebut salah satu poin penting yang dibahas  pada Silaturahmi Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE dengan jajaran pengurus HMI Cabang Bima yang dipimpin oleh Ketua Umum Muaidin Rabu (15/9) di Pendopo Bupati Bima.

            

Ketua Umum HMI  hadir bersama Sekretaris Umum  Firdaus, Ketua Korps HMI Putri (KOHATI) Cabang/Kabid PP  Marweli, Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD)  Zulfikat Ali Butto, Bendahara Umum Mulyani Sabri Ana dan Kabid Pembinaan Anggota PA (PA)  Muhsinin.

             

Bupati Bima saat bertukar pendapat dengan jajaran pengurus HMI Cabang Bima mengungkapkan, ada banyak kegiatan pemerintah daerah yang bisa didukung oleh organisasi kemahasiswaan seperti HMI.

              

"Jika selama ini orientasi kegiatan kader HMI dalam bentuk pelatihan, ada baiknya juga terjun ke lapangan dengan instansi terkait yang juga peduli terhadap pemberdayaan perempuan serta kekerasan perempuan dan anak". Ungkap Bupati.

       

KOHATI bisa mendukung penanganan stunting yang dikoordinasikan dengan Bidang terkait pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Juga  mendukung pendampingan usaha tenun bagi para perempuan.

           

Demikian halnya penanganan  kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang saat ini menjadi tantangan yang harus diselesaikan. Upaya ini seyogyanya dilakukan karena kadang korban tidak berani bicara dan menyuarakan sementara kasusnya masih mengalami peningkatan ". Kata Bupati.

             

Sebelumnya,  Ketua Umum HMI Cabang Bima mengharapkan agar bagaimana dilibatkan dalam mendukung kegiatan kewirausahaan. Disamping pada saat yang sama mendorong  partisipasi dalam pembangunan daerah, termasuk penguatan wawasan kebangsaan untuk menetralisir isu radikalisme.

        

Muaidin, menambahkan isu lingkungan hidup juga menjadi perhatian HMI,  apalagi mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi kader merasa bertanggung jawab terhadap upaya perbaikan lingkungan.

        

Senada dengan Muaidin, Ketua KOHATI juga mengemukakan harapan untuk turun langsung ke lapangan melakukan pendampingan pada masyarakat.

          

Karena itu dirinya meminta dukungan pemerintah daerah memfasilitasi koordinasi dengan Perangkat Daerah terkait. (Asa)