Incinews.net
Jumat, 01 Mei 2020, 17.12 WIB
Last Updated 2020-05-01T09:18:04Z
NTB

Mensos RI: Semangat Gotong Royong Ditengah Pandemi Covid-19 Tidak Boleh Hilang

Foto: Ketua Umum LKKS NTB, Hj. Niken 
telekonferensi dengan Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI). (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Juliari P. Batubara meminta seluruh Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di daerah masing-masing dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ia pun mengatakan, dalam kondisi pandemi ini, semangat gotong royong tidak boleh hilang dari diri kita.

“Saya berharap teman-teman-teman di lapangan, seluruh pekerja sosial. membantu mengawasi, dan mengoreksi apabila ada data-data yang tidak sesuai,” kata Menteri Sosial dalam sambutannya dalam telekonferensi terkait potensi dan sumber kesejahteraan sosial dalam memutus mata rantai Covid-19, Jumat, 1 Mei 2020.

Dalam perbincangan ini, terlibat beberapa peserta yang terdiri dari Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna, dan Pendamping Sosial Komunitas Adat Terpencil (KAT). Pada mereka, Mensos tak lupa menyampaikan apresiasi bagi seluruh pilar-pilar sosial sebagai mitra Kementerian Sosial RI atas kerja kerasnya dan sudah turut serta dalam memutus mata rantai Covid-19 ini.

Tak lupa, Mensos Juliari berpesan agar mereka senantiasa menjalankan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Misalnya, menerapkan ketentuan pembatasan sosial atau menjaga jarak aman kurang lebih 1-2 meter, menggunakan masker ketika bertugas di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta tidak melakukan penyemprotan disinfektan langsung kepada tubuh manusia karena berbahaya.

“Untuk sosialisasi langkah-langkah pencegahan penyebaran virus, jangan lupakan ketentuan yang sudah di gariskan. Misalnya, dengan memperhatikan social distancing, memakai alat pelindung diri, seperti masker, dan sebagainya,” katanya. 

Menanggapi arahan tersebut, Ketua Umum LKKS NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah merasa senang dengan adanya rapat koordinasi tersebut. Menurutnya, dengan begitu, dalam kondisi apapun, silaturahmi harus berjalan.

“Kita tahu dan yakin pemerintah sudah bekerja keras dalam menghadapi pandemi ini, dalam keadaan seperti ini, kita harus saling mendukung dan membantu,” ujarnya.

Ia bersyukur, sejak dulu hingga saat ini, LKKS NTB secara rutin pada bulan Ramadan melaksanakan kegiatan (Bulan Peduli Sosial Ramadan) untuk Ramadan tahun ini tetap akan terlaksana, Insya Allah akan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sesuai arahan menteri sosial.

“Pengumpulan bantuan hingga pendistribusian bulan peduli Ramadan ini tetap dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, InsyAllah pembagiannya kita mulai hari senin besok,” tutup Bunda Niken. (red/hms)