Incinews.net
Minggu, 12 April 2020, 05.55 WIB
Last Updated 2020-04-11T23:35:23Z
HeadlineHukumPendidikan

Lulus SMA di Tengah Wabah Virus Corona, Pelajar di Kota Bima Malah Konvoi

Foto: Anak SMA yang Diamankan Polisi. (ist/O'im)

Kota Bima, incinews.net: Ditengah Wabah virus corona, Siswa dari berbagai SMAN di Kota Bima malah melakukan konvoi di jalanan, Rabu kemarin (8/4/2020) sekitar pukul 08.00 Wita, untuk merayakan kelulusan. Akibat dari melanggar imbauan tersebut, belasan siswa akhirnya diamankan anggota Polres Bima Kota dan diberikan pembinaan oleh Sat Binmas.

Para siswa SMAN ini tidak mengindahkan imbauan pemerintah agar tidak berada di luar rumah jika tidak ada keperluan yang terlalu penting, agar mata rantai penyebaran Virus Corona bisa segera diputus.

Kasat Binmas AKP M Yamin menyampaikan, para siswa tersebut melakukan konvoi untuk merayakan kelulusan di sejumlah ruas jalan. Ada yang sedang berada di jalan raya depan KLK, di Kelurahan Lewijambu dan ada yang sedang berada di jalan raya lainya.

“Semuanya menggunakan seragam sekolah, mereka merupakan siswa dan siswi dari berbagai sekolah yang ada di Kota Bima,” ungkapnya.

Kata kasat Binmas, setelah diamankan, mereka akan diberikan pembinaan dan akan dipanggil orang tuanya untuk membuat surat pernyataan agar hal tersebut tidak diulangi lagi. "Karena sekarang daerah sedang berjuang melawan penyebaran Virus Corona,"sebutnya.

Kasat juga mengimbau pada seluruh siswa lain agar tidak melakukan konvoi di jalanan atau mengadakan pesta kelulusan. Ikuti semua imbaun pemerintah, untuk tidak melakukan aktifitas yang mengundang banyak orang dan mengakibatkan keramaian. Karena salah satu cara memutus mata rantai virus mematikan ini dengan tidak berinteraksi di keramaian.

“Jika ada lagi yang melakukan konvoi dan pesta kelulusan, kami akan mengambil tindakan tegas,” janji Yamin.

“Ini sangat disayangkan, saat ini pemerintah lagi mengantisipasi wabah Covid 19 tapi anak-anak malah melakukan kumpul-kumpul dan aksi coret-coret baju,” Tambah Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono, S.I.K., S.H. (red)