Incinews.net
Senin, 10 Februari 2020, 15.17 WIB
Last Updated 2020-02-10T15:38:35Z
HeadlinePemerintah

Jadi Program Utama, Gubernur NTB Ajak BI Wujudkan Industrialisasi

Foto: Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah Bersama Pengurus  Pusat ISEI Dody Waluyo Sekaligus Deputi BI. (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mendorong Bank Indonesia untuk ikut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan industrialisasi di NTB. Hal itu diungkapkan saat menghadiri dan memberi sambutan pada acara Pelantikan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Mataram, Senin (10/2/2020).

"Industrialisasi adalah program utama Nusa Tenggara Barat, kalau di sini sukses, pemerintah pusat akan belajar dari kita. Jadi cita-cita ini adalah cita-cita besar," kata Gubernur NTB.

Ia mengungkapkan bahwa industrialisasi mengubah nilai tambah untuk memperoleh kesejahteraan dan kemakmuran. Hadirnya industrialisasi adalah jalan menuju cita-cita tersebut.

"Siapapun yang belajar ekonomi pasti sadar bahwa proses pengolahan, manufaktur adalah salah satu cara menuju kemakmuran dan kesejahteraan itu. Persoalan kita adalah dimana-mana pengangguran dan kemiskinan, hadirnya industrialisasi adalah jawaban dari masalah itu," tuturnya.

Bang Zul menyampaikan bahwa industrialisasi di NTB ini diarahkan untuk pengolahan bahan baku, hal itu dilihat dari nilainya yang bertambah apabila diolah di tempat lain. Jika pengolahan dilakukan di tempat sendiri, maka keuntungan pengolahan bisa didapatkan.

"Kami membayangkan kalau jagung diolah di sini, kemudian hasil laut diolah di sini, hasil tambang diolah di sini, semua diolah di sini insya Allah NTB ini mengurangi kemiskinan, mengatasi pengangguran kemudian mampu menghadirkan kemakmuran untuk kita semua," terang Bang Zul.

Bang Zul Berharap diskusi yang dilakukan ini menghadirkan jalan keluar bagi permasalahan yang ada di NTB utamanya pada permasalahan ekonomi. (inc)