Kader Pengawasan Partisipatif, Upaya Cerdaskan Pemilih

Iklan 970x250px

Kader Pengawasan Partisipatif, Upaya Cerdaskan Pemilih

Tuesday, December 3, 2019

Kota Bima, Incinews. Net- Sepuluh orang dari Kota Bima,mengikuti Pendidikan dan Pelatihan sekolah kader pengawasan partisipasif Bawaslu Nusa Tenggara Barat. bertempat di Hotel Jayakarta Sanggigi.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Anggota Bawaslu Republik Indonesia Mochammad Afifuddin, S. Th. I, MS.i. Devisi pengawasan dan Sosialisasi. Mulai 30 November sampai dengan 03 Desember 2019.

Anggota Bawaslu Kota Bima, Idhar. S. Sos, selaku Devisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, mengatakan Kader pengawasan dari Kota bima sebanyak 10 (Sepuluh) orang, yang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Nusa Temggara Barat, ungkapnya. (03/12).

Dikatakanya pelatihan tersebut, sesuai Amanah Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, sebagaimana pasal 49 Poin D,  tentang peran dan pemberdayaan masyarakat  dalam partisipasi pemilu dan sebagai sarana kepemilun sebagai masyarakat, Jelas Idhar.

" Mereka akan melakukan pendidikan demokrasi di masyarakat", Kata Idhar.

Sedangkan salah seorang peserta dari Kota Bima,  Subhan, S. Pd,I, mengatakan kegiatan pelatihan tersebut adalah ruang pembelajaran bagi seluruh kader pengawasan partisipatif yang sifatnya Volunteer, ujarnya.

"Kader Pengawasan partisipatif, dalam rangka turut membantu dan memperkuat  pengawasan dilapangan, guna memberikan pemahaman pemilu kepada masyarakat sekaligus mengajak mereka agar cerdas sebagai pemilih", Kata Subhan.

Dikatakan Subhan, selain itu juga kader Pengawasan juga membantu Bawaslu ditingkat Kota dan Kabupaten dalam melakukan pengawasan dilapangan.Tutupnya (Inc)