Bawaslu Dompu Diingatkan Rekrutmen Panwascam Berintegritas -->

Iklan 970x250px

Bawaslu Dompu Diingatkan Rekrutmen Panwascam Berintegritas

Sabtu, 14 Desember 2019

Dompu,incinews.net - Upaya mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilkada) Kabupaten Dompu tahun 2020 yang berkualitas. Maka sangat diperlukan penyelenggara pemilu yang berintegritas.

Untuk mendapatkan penyelenggara pemilu yang berintegritas, maka harus melalui proses seleksi atau rekrumen calon penyelenggara secara profesional, transparan dan akuntabel.

Demikian dikatakan anggota KPU Kabupaten Dompu periode 2014-2019, Suherman., Sabtu (14/12/2019) dalam mengomentari proses rekrutmen calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Dompu yang sedang berlangsung saat ini.

Ia berharap agar Bawaslu Kabupaten Dompu lebih selektif merekrut Panwascam dengan memperhatikan sekurang-kurangnya dua aspek. Pertama, aspek integritas dan kemandirian. 

Menurutnya, calon anggota Panwascam yang berintegritas dan mandiri akan melaksanakan tugas pengawasannya secara jujur, adil dan tidak memihak pada salah satu kepentingan politik manapun. 

"Jangan sampai, justru Panwascam-nya ini menjadi bagian dari kepentingan politik tertentu dalam Pilkada, kalau ini terjadi maka rusaklah tatanan demokrasi kita," kata Suherman dalam press release nya.

Kedua, lanjutnya. Profesional. Bahwa Panwascam yang profesional adalah ia yang menjalankan tugas, fungsi dan kewenangannya dengan baik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Untuk itu, maka ia harus memiliki kompetensi soal kepemiluan. 

Ia tahu dan paham tentang ilmu dan pengetahuan tetang pemilu sekurang-kurangnya ilmu pengetahuan tentang pengawasan pemilu yang didapat dari membaca atau dari pengalaman- pengalamnnya sebagai penyelenggara pemilu sebelumnya.

"Bisa karena sebelumnya ia pernah menjadi Panwascam, PPL atau PTPS dan atau pernah PPK, PPS atau KPPS" jelasnya. 

Mantan anggota Panwas Kabupaten Dompu ini juga mengapresiasi dan menilai bahwa pelaksanaan rekrutmen Panwascam oleh Bawaslu Kabupaten Dompu sejauh ini masih dalam on the treck. 

"Salah satu proses yang diapresiasi adalah seleksi tertulis melalui online, ini luar biasa hasilnya peserta tes dapat mengetahui secara langsung dan terbuka," tuturnya. (inc)