Incinews.net
Minggu, 03 November 2019, 09.27 WIB
Last Updated 2019-11-03T01:27:28Z
HeadlineSosbud

Sajikan Olahan Makanan Khas Daerah, Bima Raih Harapan 1 Tingkat Nasional



Bima,Incinews.Net- Kabupaten Bima mewakili Provinsi NTB, dalam festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Festival tersebut dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, diikuti oleh 34 Propinsi se Indonesia dan di pusatkan di Lapangan MTQ Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu, (2/11/2019).

Kabag Humas Setda Bima M. Chandra Kusuma, Ap, mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari pangan sedunia (HPS) yang ke-39 tahun 2019. Propinsi NTB hanya diwakili oleh Kabupaten Bima, ungkapnya.

"Kita menyajikan pangan lokal khas Bima seperti jagung, empal tuna jantung, pisang, pepes okra dan ote ote tempe”, ujar Chandra. Sabtu (2/11).

Dikatakan Chandra, sebelumnya kabupaten bima menjadi Juara Pertama tingkat provinsi NTB. “ Makanya kabupaten bima yang diutus”, jelasnya.

Lanjut kabag Humas, Kegiatan tersebut memperebutkan Piala Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI dan merupakan pertama kali dilaksanakan dari tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional. Dalam festival yang dinilai adalah tampilan, cita rasa, keragaman bahan dan komposisi gizi. Festival juga bertujuan meningkatkan SDM yang berkualitas dan penanganan permasalahan gizi di masyarakat melalui peningkatan pemahaman masyarakat tentang komsumsi pangan lokal, yang beragam, bergizi seimbang dan aman, pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab Bima, Ir. Syaifuddin, lanjut Chandra, mengaku keberhasilan yang diperoleh karena adanya kerja sama yang baik antar dinas yang dipimpinya dengan TP PKK Kabupaten Bima, TP PKK Kecamatan yang didukung oleh Dinas Ketahanan Pangan Propinsi serta TP PKK Propinsi NTB.
“Syaifuddin berjanji akan mempromosikan menu itu, pada masyarakat luas agar bisa menjadi makanan nasional”, Kata Chandra.

Ia berharap semua pihak, Pemerintah maupun Swasta dapat mempromosikan menu yang dibuat oleh Kabupaten Bima, karena sudah diakui secara nasional lewat festival pangan lokal tingkat nasional,ucapnya.

Piala penghargaan juara Harapan ke1, Festival Pangan Lokal B2SA diterima secara langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bima, Hj.Rostiati Dahlan. (Inc)