Incinews.net
Senin, 28 Oktober 2019, 21.26 WIB
Last Updated 2019-10-28T13:26:55Z
HeadlinePemerintah

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke 91, Dirangkaikan Pencanangan BBGRM


Bima, Incinews. Net- Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 , yang dirangkaikan dengan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong ke –16 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke–47 tingkat Kabupaten Bima berlangsung dalam suasana hikmad.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Bima, pada Senin 28 Oktober 2019. Turut hadir dalam kegiatan diantaranya unsur FKPD Bima, Anggota DPR Kabupaten Bima, Wakil Bupati Bima, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Para Staf Ahli, Asisten, Kabag, Kasubag Lingkup Setda Bima, Kepala OPD lingkup Pemkab Bima, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima dan Anggota, para Camat kades Se- Kabupaten bima, Ketua Tim penggerak PKK kecamatan dan Desa Se-Kabupaten Bima beserta anggota, para Organisasi kemasyarakatan Organisasi Pemuda, KNPI, LSM, Pemuka Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat.

Pembina upacara dipimpin langsung oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE. dalam arahannya bahwa tema peringatan HSP ke – 91 tingkat Kabupaten Bima “Bersatu Kita Maju”. Tema dimaksud bahwa para pemuda yang telah diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,ungkap Bupati.

Dikatakan Bupati, Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk  meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun disisi lain memiliki perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi yang bersifat destruktif mulai dari narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme."Pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja berintegrasi kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas. Selain itu, pemuda juga harus memiliki kapastitas intelektual dan skil kepemimpinan, kepelaporan yang murni, serta memiliki inovasi agar dapat bersaing dalam kancah Internasional. Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Dengan harapan kedepan akan banyak muncul tokoh pemuda yang mendunia, terangnya.

Sedangkan pencanganan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke – 16 yang di-integrasikan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke – 47 tingkat Kabupaten Bima. Kegiatan tersebut bertujuan agar didalam kehidupan masyarakat senantiasa bergotong royong dan meningkatkan nila-nilai budaya didalam masyarakat. Hal ini dimaksud agar budaya masyarakat saling mendukung dan saling membantu antar sesama, tetap melekat dan terus dipertahankan kebiasaan-kebiasaan positif masyarakat sebagai wujud bergotong royong dan berswadaya. Hal ini berkaitan dengan visi misi Bima Ramah sejalan dengan tema, yakni “Dengan Semangat Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Kesatuan Gerak PKK, kita amankan pelaksanaan Pilkades dan pengisisan BPD di Kabupaten Bima, jelas bupati.


"Lembaga Kemasyarakatan yang berperan dalam menggerakan partisipasi masyarakat dan keswadayaan kiranya menjadi pelaksanaan program-program pemerintah, terutama yang tertuju di desa untuk lebih mendorong prakarsa dan swadaya serta partisipasi aktif masyarakat dalam semangat kebersamaan, keterbukaan dan keterpaduan", kata Umi Dinda.

Dijelaskan Bupati Bima,  bahwa gerakan pemberdayaan dan Kesejahteraan keluarga (PKK) sebagai pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, selama ini telah diakui keberadaannya di dalam masyarakat, yang sejalan dengan visi gerakan PKK, yaitu terwujudnya beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Dari visi tersebut dijabarkan dalam 10 program pokok PKK, yakni : Penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan taat laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi dan kelestarian lingkungan hidup, yang telah dilaksanakan dengan baik di semua tingkatan wilayah sampai pada tingkatan Rukun Tetangga melalui kelompok dasa wisma. Tema peringatan HKG PKK ke – 47 dan BBGRM ke – 16 di kabupaten Bima ini, kita wujudkan profesionalisme kader-keder PKK dalam pengamanan pemilihan kepala desa dan pengisisan BPD tahun 2019, pungkasnya.

Bupati mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat Kabupaten Bima, untuk senantiasa menggelorakan semangat kegotongroyongan dan keswadayaan dikalangan masyarakat secara aktif, melalui kegiatan program nasional yakni kegiatan bulan bhakti gotong royong masyarakat yang harus dilaksanakan dan disukseskan,tutupnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bima melakukan pelepasan balon menandai dimulainnya pelaksanaan BBGRM ke – 16 tingkat Kabupaten Bima. (inc)