Incinews.net
Rabu, 02 Oktober 2019, 13.10 WIB
Last Updated 2019-10-02T05:10:54Z
HeadlinePertanian

Di Tambora, Perintis Kurma Tropis



Bima, Incinews.Net- Selama ini kebun kurma lebih akrab dengan lingkungan Arab, maka sekarang pemandangan seperti itu akan terwujud di Kabupaten Bima, tepatnya di kecamatan Tambora.
            
Kepala Bidang Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima Aris Munandar, ST MT Rabu (2/10) mengatakan, Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Tambora akan kita jadikan embrio Produksi Perintis Kurma Tropis di Indonesia.
              
"Saat ini terdapat 1.000 bibit kurma yang sudah bertunas di KTM yang merupakan Pilot Program Ide Santri" ,Katanya.

Disebutkan Aris, Bibit kurma berasal dari Thailand dan selama ini belum ada yang rintis. selain kebun kurma pihaknya juga mengembangkan peternakan sapi komunal. Kegiatan tersebut merupakan dukungan Kementerian Nakertrans dan  berkolaborasi dengan Hidayatullah, Jelasnya.

Diharapkan, ke depan program ini mampu membawa kabupaten Bima sebagai lumbung kurma Indonesia. Selain program Disnakertrans, dirinya juga berharap jika ada pilot project  dari perangkat daerah lainnya yang berminat melakukan kolaborasi, akan disiapkan lahan, termasuk agro wisata, shalter  point maupun  pondok wisata bagi penjelajah Tambora, pungkasnya. (Inc)