Incinews.net
Rabu, 02 Oktober 2019, 11.54 WIB
Last Updated 2019-10-02T03:54:58Z
Dinas sosialHeadline

Kadinsos: Ratusan Warga NTB di Papua Dalam Kondisi Aman dan Terpantau


Mataram,Incinews.Net - Sebanyak 159 warga NTB yang kebanyakan sudah berada di Jayapura, kini tengah menanti proses evakuasi. Mereka menunggu ketersediaan pesawat yang akan menerbangkan mereka kembali ke NTB. Sejauh ini, situasi di Papua terbilang sudah lebih kondusif. Sementara, warga NTB di Papua juga dalam keadaan aman tanpa ada korban jiwa.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, T. Wismaningsih, Drajadiah, S.Sos, Selasa (1/10/2019).

Menurut Wismaningsih, data sementara saat ini memperlihatkan adanya 189 orang warga NTB yang tersebar di sejumlah daerah di Papua.

Dari jumlah tersebut, sebagian telah keluar dari keluar dari Papua. Sementara sisanya, yang belum dievakuasi mencapai 159 orang. Dari 159 orang tersebut, sebanyak 89 orang sudah berada di Yonif 751, Sentani, Jayapura, Papua. Mereka terdiri dari 6 warga Dompu, 3 warga Lombok, 7 warga Sumbawa, 1 warga Kota Bima dan 72 warga Kabupaten Bima.

Di luar Yonif, masih ada 70 orang yang tersebar di berbagai tempat di Papua. Terdiri dari, 55 orang di Jayawijaya, 1 orang di Puncak Jaya, 6 di Yolimo, 3 di Polikara dan 5 orang di Lami Jaya. “Ini data tadi malam. Mudah-mudahan pagi ini sudah banyak yang diterbangkan ke Jayapura,” ujar Wismaningsih.

Wismaningsih menerangkan, total 189 orang yang terdata itu merupakan warga NTB yang mengungsi. Masih banyak lagi warga NTB lainnya yang tidak mengungsi. Kebanyakan mereka tidak mengungsi karena bertugas. Misalnya, warga yang merupakan personel TNI atau pegawai pemerintahan. “Ini juga merupakan kebijakan nasional, untuk keamanan daerah, agar nanti tidak terjadi kekosongan di Papua,” ujarnya.

Wismaningsih menerangkan, kondisi warga NTB di Papua cukup terjamin. Ia juga menegaskan tidak ada warga NTB yang meninggal dunia akibat kejadian ini. “Warga masyarakat NTB, Alhamdulillah dalam kondisi baik. Mereka mendapat fasilitas dari Danrem setempat di Yonif 751 Jayapura, sehingga tidak tidur di tenda. Bahkan, Kabid dan Koord Tagana ikut tidur di lokasi ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, anak-anak pengungsi bahkan mendapatkan fasilitas permainan seperti odong-odong untuk membuat mereka lebih gembira di pengungsian. Ketersediaan logistik, menurutnya juga sudah sangat terjamin.

Semua perkembangan ini, menurut Wismaningsih selalu dipantau oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. “Pak Gubernur dan Ibu Wagub komitmennya sangat bagus, beliau mempersilakan evakuasi mengunakan apa saja yang dimungkinkan. Pesawat komersial juga tidak masalah. Karena memang belum ada penerbangan dengan pesawat herkules,” imbuhnya.

Selain itu, Wismaningsih menambahkan, koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di NTB juga terus dilakukan. “Kabupaten Bima sudah datang Kadisnya. Untuk provinsi, kita mengutus hari Jumat kemarin. Dari Sumbawa, kadisnya juga sudah menanyakan,” imbuhnya. (Inc)