Soal Limbah Sampah TPA Lune, Ini Penjelasan DLH Dompu -->

Iklan 970x250px

Soal Limbah Sampah TPA Lune, Ini Penjelasan DLH Dompu

Selasa, 24 September 2019
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu, H Albuhaerum.

Dompu,incinews.net -Sejumlah warga dan pemilik tambak di Desa Mbawi, Kabupaten Dompu mempersoalkan limbah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lune, Kecamatan Pajo.

Menurut mereka sejak adanya TPA dan limbah sampah tersebut telah memberikan dampak buruk bagi masyarakat terutama petani tambak di sekitar TPA lebih-lebih menjelang musim penghujan yang akan datang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu, H Albuhaerum M.Si., Selasa (24/09/2019) menjelaskan bahwa, upaya mengantisipasi kekhawatiran warga disekitar TPA tersebut. Setiap bulan bahkan 2 kali dalam sebulan, ia tetap melakukan penggusuran, penutupan sampah atau merapikan sampah didalam lubang lenfil yang masuk di TPA.

Katanya, di musim kemarau saat ini, pihaknya juga intens melakukan penyemprotan sebanyak 2 kali dalam sebulan. Sedangkan saat musim hujan sebanyak 4 kali atau lebih melakukan penyemprotan untuk menghindari dampak dari sampah tersebut.

Dijelaskannya, untuk air lindi sampah yang dikhawatirkan warga. Ia menegaskan tidak ada yang mengalir ketempat lain selain di TPA. Karena ada lubang penampungan air saat musim hujan.

Disamping itu, juga di sekeliling lubang lenvil ada saluran drainase. "Jadi air dari gunung atau dari atas tidak tercampur dengan air lindi atau melewati tumpukan sampah. Otomatis air mengalir kearah tambak tidak tercemar dan tidak merugikan petani tambak," tegasnya.

Sesuai dengan jadwal, katanya Minggu ini akan melakukan penggusuran, penimbunan, merapikan sampah dan memperbaiki lagi saluran keliling untuk menghadapi musim hujan. "Beberapa hari terakhir ini kami sedang mencari alat berat untuk disewa," cetusnya.

Lebih jauh dikatakannya, masalah sampah plastik yang tercecer atau terbang dibawa angin. Ia berjanji akan segera membersihkannya.

"Kalau ada yang tercecer dijalan saat pengangkutan, kami akan ingatkan petugas dan kami akan upayakan penutupnya. Untuk menghadapi musim hujan kami akan upayakan semaksimal mungkin dan tidak menimbulkan masalah dan kerugian bagi masyarakat di sekitarnya," tegasnya berulang-ulang. (inc)