Ratusan Siswa Antusias Ikuti Sosialisasi Rumah Peradaban Dompu -->

Iklan 970x250px

Ratusan Siswa Antusias Ikuti Sosialisasi Rumah Peradaban Dompu

Kamis, 05 September 2019

Dompu,incinews.Net- Untuk memperkenalkan dan menyalurkan informasi hasil penelitian kepada masyarakat Kabupaten Dompu dan dunia pendidikan.

Tim Balai Arkeologi Bali (Balar Bali) mengelar sosialisasi Rumah Peradaban Dompu yang dilaksanakan di aula Dinas Dikpora Kabupaten Dompu NTB mulai tanggal 05 September hingga Sabtu (07/09/2019).

Kegiatan itu dihadiri sekitar 250 orang siswa dan guru dari berbagai sekolah se Kabupaten Dompu. Mereka nampak antusias mengikuti sosialisasi dengan mendengarkan secara seksama informasi mengenai hasil penelitian tim balai arkeologi Bali terutama mengenai Situs Pemukiman Dorobente, Peradaban Tambora, Situs Doro Bata dan Situs Doro Mpana.

Acara itu dibuka resmi Sekda Dompu H Agus Bukhari, SH. M.Si., didampingi Kadis Dikpora, H Ikhtiar Yusuf SH dan Kepala Dinas Pariwisata Khairul Insan M.Si. Selain itu, juga nampak hadir aparat pemerintah dan pemerhati budaya.

Kepala Balai Arkeologi Bali, NTB dan NTT., Drs I Gusti Made Suarbhawa., menyatakan bahwa, Rumah Peradaban Dompu merupakan sebuah ruang untuk memberikan informasi kepada siswa dan masyarakat mengenai hasil penelitian dan keakrelogian. Agar hasil penelitian terutama mengenai situs Pemukiman Dorobente, Peradaban Tambora, Situs Doro Bata dan Situs Doro Mpana dapat bermanfaat bagi masyarakat dan sekolah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Hasil penelitian disebarluaskan pada siswa dan masyarakat agar mereka mencintai budayanya. Untuk mewujudkan itu perlu adanya peran serta dari pemerintah daerah untuk memajukan dunia pendidikan dan budaya," harapnya.

Senada disampaikan Ketua panitia pelaksana Rumah Peradaban Dompu, Dra Nikoman Yudari. Ia berharap agar seluruh lapisan masyarakat selaku pemilik kebudayaan dapat mengungkap, memaknai dan mencintai benda-benda budaya dalam kegiatan rumah peradaban itu.

Katanya, mereka juga akan melaksanakan pameran arkeologi berhubungan dengan proses penemuan dan proses penelitian di beberapa situs di Kabupaten Dompu. Serta akan melakukan sosialisasi kepada siswa dengan mendatangi 4 Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kabupaten setempat.

Untuk mempermudah memahami informasi hasil penelitian, mereka melakukan kunjungan situs dengan mengajak para siswa melihat secara langsung situasi dan kondisi Situs Doro Bata dengan tujuan meningkatkan apresiasi budaya, mengungkap, memaknai dan mencintai budayanya sendiri.

"Kami juga memberikan buku pengayaan berjudul "Mari Mengenal Budaya Dompu" agar pemahaman tentang peninggalan dan nilai budaya semakin meningkat," cetusnya.

Sebelumya, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin beserta rombongan mengunjungi lokasi Rumah Peradaban Dompu, Rabu (04/09/2019).

Kehadiran orang nomor satu di Dompu itu disambut tim Balai Arkeologi Bali untuk melihat benda-benda bersejarah yang ditemukan di wilayahnya. Pada kesempatan itu, Ia mengapresiasi dan mendukung kegiatan Rumah Peradaban Dompu tersebut.

"Ini sangat mencerahkan dan membantu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai asal usul peradaban, kultur serta segala macam tentang orang Dompu,” ucap Bupati yang biasa disapa HBY ini. ( inc )