Incinews.net
Senin, 16 September 2019, 12.43 WIB
Last Updated 2019-09-16T04:43:03Z
HeadlinePemerintah

Peringati Hari Maritim Nasional ke 56 Tahun, Wagub NTB: Mari Kita Berhenti Mengotori Laut !


Mataram, Incinews.net- Hadir bersama warga untuk melakukan kegiatan aksi  bersih-bersih di sekitar pantai Loaq Baloq, Kota Mataram pada Minggu pagi (15/9/2019), Wakil gubernur NTB, Dr. Hj.Sitti Rohmi Djalillah mengajak masyarakat   untuk menghentikan kebiasaan membuang sampah diarea pantai dan laut, terutama sampah plastik. Karena menurut Wagub yang akrab disapa Umi Rohmi itu, sampah plastik dan limbah serta beragam wujud sampah tersebut sangatlah berbahaya.
Selain akan menimbulkan bahaya bagi kelangsungan hidup manusia dan hewan juga akan merusak ekosistem yang ada di laut, sehingga dapat mengancam keberlangsungan hidup ekosistem di bumi, ujarnya.

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Gelegar Pemuda Satu Negeri, untuk memperingati Hari Maritim Nasional ke 56 tahun,  Wagub  Umi Rohmi juga mengetuk keperdulian semua pihak agar memanfaatkan setiap moment untuk melakukan kegiatan bersih-bersih, sebagai bentuk kepedulian bersama dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan lestari.

"Kita harusnya sedih,Sampah plastik yang dibuang di laut akan dimakan oleh ikan yang menyebabkan ikan tersebut terkontaminasi oleh zat-zat kimia dari plastik itu. Kemudian, ikan yang tekontaminasi itu dikonsumsi oleh manusia. Maka, tidak heran banyak di antara kita yang terkena kanker, salah satu penyebabnya adalah zat kimia yang terkandung di sampah plastik itu." tegas ummi Rohmi.

Selain itu, wagub juga mengajak masyarakat untuk terus secara aktif mengkampanyekan gerakan bersih- bersih. Menurutnya hal itu dapat dilakukan mulai dari ruang lingkup terkecil seperti, keluarga, dan kerabat terdekat.

Dengan cara itu, kata Umi Rohmi mska kesadaran akan muncul untuk saling mengajak dalam  menjaga lingkungan agar tetap bersih. Bahkan, wagub ummi Rohmi juga menyampaikan bahwa sampah yang telah dipilah dapat bernilai ekonomis dan menjadi berkah, dengan menukarkannya di Bank Sampah.

"Insya Allah dengan bersama, semua yang kita cita-citakan akan terwujud. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat dan mampu memanfaatkan peluang yang ada bagi lingkungan serta kesejahteraan kita," tutup wagub ummi Rohmi.

Sementara itu, Wahyu Laily Romdhani, S.T selaku koordinator Gelagar Pemuda 1 Negeri mengutarakan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan kegiatan Aksi Bersih Pantai ini.

"Kegiatan ini telah dilakukan serentak di 24 Provinsi di indonesia, di NTB sendiri, Alhamdulillah acaranya sukses terbukti lebih 200 orang peserta ikut serta," ungkapnya. (Inc)