Incinews.net
Senin, 19 Agustus 2019, 21.33 WIB
Last Updated 2019-08-19T13:33:44Z
HeadlineHukum

Kapolda Dan Gubernur NTB Turun Gunung Atasi Kebakaran Lahan di Lombok Utaran


Lombok Utara, Incinews.net – Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana AS, M.M turun langsung ke TKP mengecek dan memastikan kebakaran lahan yang ada di wilayah perbukitan pinggir laut Pandanan, Lombok Utara, Minggu malam (19/8/2019) telah padam.

“Alhamdulilah dapat kami atasi, kami dapat lakukan pemadaman,” ungkap Kapolda NTB kepada awak media di TKP didampingi Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Purnama, SIK, Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono, S.I.K.,M.H dan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah.

Pemadaman tersebut diakui Kapolda NTB memakan waktu yang tidak sebentar, hal tersebut lantaran mengingat medan dan letak bukit yang terbakar berada persis di pinggir laut.

“Karena lokasi, lereng atau perbukitan, sehingga sulit dijangkau dari alat pemadam kebarakan, sehingga kita berupaya menggunakan alat manual, selain faktor angin laut yang cukup besar,” pungkasnya.

Kebakaran yang terjadi cepat sekali meluas karena diperkirakan api terbaawa oleh angin yang cukup keras, sementara luas lahan yang terbakar diperkirakan kurang lebih ada tiga hektar are.

“Sampai saat ini pukul setengah 12 api sudah dapat dipadamkan,” imbuhnya.

Untuk penyebab terjadinya kebakaran tersebut, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Purnama, SIK mengatakan, belum diketahui pasti, “Sumber apinya masih kami diselidiki,” ungkapnya.

Diketahui, Polda NTB saat ini telah membentuk Satgas Karhutla (Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan) pada tingkat Provinsi dan Kabupaten, personil yang terlibat diantaranya dari Polres-polres maupun personil dari Polda NTB, Pemadam Kebakaran, BPPD dan TNI, serta dibantu masyarakat. Jumlah personolnya ada 400an orang. (Inc)