Tahapan Pilkades Serentak Dimulai, Siap-siap yang Mau Jadi Cakades -->

Iklan 970x250px

Tahapan Pilkades Serentak Dimulai, Siap-siap yang Mau Jadi Cakades

Rabu, 10 Juli 2019
Plh Kepala BPMDP Kabupaten Dompu, M Ali, S.Sos.

Dompu,incinews.net - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Dompu menyebutkan terdapat 22 desa yang akan serentak menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di tahun 2019.

Plh Kepala BPMDP Kabupaten Dompu, M Ali, S.Sos., mengaku saat ini pihaknya sedang mulai mempersiapkan agenda sosialiasi tentang tahapan pelaksanaan Pilkades serentak di 22 desa tersebut.

Katanya, sosialiasi tahapan itu membahas mengenai jadwal tahapan Pilkades, seperti tahapan persiapan, pencalonan, pendataan daftar pemilih, pemungutan dan perhitungan surat suara hingga penetapan calon kepala desa terpilih. 

"Nanti kita sosialisasikan pada masing-masing Camat, Penjabat Kepala Desa dan BPD," terang Plh Kepala BPMDP Dompu, M Ali, S.Sos., Senin kemarin.

Dijelaskannya, berdasarkan tahapan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak, tahapan dimulai dari sosialiasi Pilkades yang dilakukan pada tanggal 21 s/d 23 Juli ini. Sementara pembentukan panitia tingkat Desa dimulai pada 14 s/d 30 Juli, pengumaman dan pendaftaran bakal calon Kades pada tanggal 2 s/d 10 Agustus. Sementara pengesahan dan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) dilakukan pada tanggal 23 s/d 25 Agustus.

Kemudian proses pemungutan dan perhitungan suara dilakukan pada tanggal 12 November. Penetapan dan pengesahan Kades terpilih oleh BPD dilakukan pada tanggal 13 s/d 15 November. Sementara pelantikan Kades terpilih direncanakan pada bulan Desember 2019.

"Para bakal calon Kades bisa mulai mempersiapkan diri masing-masing. Kami sarankan agar bakal calon Kades untuk tidak membuat kontrak politik dengan janji-janji untuk diangkat menjadi perangkat desa bersama tim suksesnya dengan memberhentikan perangkat desa sebelumnya yang sah," ingatnya. (inc)