Menggali “Local Wisdom” Untuk Penanganan Konflik Sosial -->

Iklan 970x250px

Menggali “Local Wisdom” Untuk Penanganan Konflik Sosial

Minggu, 30 Juni 2019


Bima,Incinews,Net- Pemerintah kabupaten bima, melalui badan kesatuan bangsa dan politik, menggelar Diskusi “Rembug Desa” dengan tema “ Trategi Pemerintah dan TNI,Polri dalam penanganan konflik sosial kemasyarakatan yang berbasis kearifan lokal menuju bima ramah”, bertempat di aula gedung PKK Kabupaten Bima. Pada Jum,at (28/6).

Hadir dalam kegiatan sebagai Pemateri Akademisi dari STKIP Bima M, Tahir Irhas M,Pd, dari Kodim 1608 Bima, Kapten Infantri Ibrahim,sedangkan pesertanya dari Tokoh adat, tokoh agama, karang taruna dan aparat desa, lebih khususnya dari desa Dadibou kecamatan woha dan kecamatan wawo.

Kabid di Kesbanglinmaspol Muhammad Firdaus,SH, mengatakan kegiatan Rembug Desa bertujuan mencari formulasi penanganan konflik sosial yang berbasis kearifan lokal,Ungkapnya.

“Setelah ditemukan formulasinya maka Forum Rembug desa akan dilembagakan untuk mencegah dan menangani dini setiap masalah sosial lewat musyawarah”,Kata Firdaus.

Rembug desa juga mendorong adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Penanganan konflik masyarakat yang berbasis kearifan lokal,Terang Firdaus

Sedangkan Akademisi M. Tahir Irhas M,Pd menambahkan, Penanganan konflik tidak dalam hal menangani pasca kejadian konflik, melainkan langkah antisipasi dan diselesaikan sejak dini diperlukan, Ungkapnya.

“Konflik itu macam-macam seperti konflik karena Ekonomi,idiologi, politik, agraria,Desa dan kelompok”,Katanya.

Tahir berharap semua intrumen yang dapat dipakai untuk mencegah dini terjadinya konflik dimaksimalkan dan Perda tentang penanganan konflik yang berbasis kearifan lokal dapat terwujudkan.Tutupnya.(Inc)