Masyarakat Diajak Awasi Uang Desa Agar Tak Disalahgunakan -->

Iklan 970x250px

Masyarakat Diajak Awasi Uang Desa Agar Tak Disalahgunakan

Selasa, 11 Juni 2019
Ketua BPD Desa Temba Lae, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Hermansyah, S.Pd.

Dompu,incinews.net - Dana Desa yang bersumber dari APBN jumlahnya sangat fantastis. Oleh karena itu, dalam penggunaannya diperlukan pengawasan dari masyarakat desa agar dana tersebut dipergunakan sesuai yang diperuntukannya supaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua BPD Desa Temba Lae, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Hermansyah, S.Pd., Selasa (11/06/2019) menyebutkan bahwa pemerintahan desa dituntut untuk menyelenggarakan pemerintahan secara transparan dan akuntabel.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Dompu terutama di Desa Temba Lae untuk terus meningkatkan pengawasan atau monitoring pengunaan uang desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pada penyampaian akhir laporan pertanggung jawaban penggunaan ADD/DD setiap tahunnya. 

"Kami juga mengajak masyarakat untuk lebih bijak menerima isu-isu sosial terkait dengan pengelolaan dana desa serta pembangunaan yang masuk di desa," kata Ketua BPD termuda ini.

Katanya, sebuah desa terutama di desa kelahirannya akan bisa menjadi desa yang lebih maju jika pemerintah dan masyarakat nya mampu bersatu padu, bahu membahu dalam menata dan membangun desa dengan terus meningkatkan pengawasan pengunaan dana desa. Selalu mengedepankan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan setiap persoalan.

"Untuk mewujudkan itu, kami BPD mengajak semua pihak untuk bersama- sama mengawasi proses pembangunan di desa. Hal ini perlu dilakukan sebagai motivasi dan semangat untuk kepala desa dan jajarannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," cetusnya. (inc)