Dinas PUPR Latih 52 Orang Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air -->

Iklan 970x250px

Dinas PUPR Latih 52 Orang Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air

Selasa, 25 Juni 2019


Bima,Incinews.Net- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang (Pupr) menggelar pelatihan selama 2 hari, bagi Gabungan perkumpulan petani pemakai air (GP3A) dan perkumpulan petani pemakai air (P3A) dengan judul kegiatan interaged Participatory Develepmont And Managemen Of Irrigation Program (IPDMIP).

Kegiatan pelatihan diikuti sekitar 52 orang peserta,dihelat di Aula SMK Negeri 3 Kota Bima, Senin (24/6).

Turut hadir dalam kegiatan untuk memberikan materi Sekdis PUPR H. Sunardin, Kabid pengairan PUPR Jaharudin dan Konsultan IPDMIP NTB dan NTT.

Kepala Dinas PUPR melalui Kabid Pengairan, Jaharudin mengatakan pelatihan ini bertujuan agar GP3A menjadi Mandiri sehingga dapat berperan aktif dalam kegiatan pengembangan dan pengelolaan irigasi terutama jaringan tersier secara partisipatif dan kelembagaan,Ungkapnya.

Dikatakan Jaharudin termasuk pengembangan kemampuan bidang teknis keuangan, manajerial administrasi dan organisasi agar pengelolaan irigasi secara mandiri dan berkelanjutan,Katanya.

“Jaringan irigasi tersebar di tujuh kecamatan yang ada di kabupaten bima”,Katanya

Dengan adanya GP3A akan mengatur pemanfaatan air di masing-masing daerah irigasi, sehingga masyarakat pemilik sawah, tidak terjadi kesalahpahaman di lapangan terkait urusan aliran air,Jelas Jaharudin.

"Pengaturan air secara teratur, supaya pembagian merata sesuai dengan kebutuhan masing-masing areal”,Katanya

Sementara Konsultan PDM IP Regional NTB-NTT, Jowoto disaat yang sama,mengharapkan kepada GP3A, setelah diberi pelatihan dapat berperan aktif didalam pelaksanaan  operasi jaringan irigasi.

Disebutkan Jowoto, jaringan irigasi bukan hanya tanggung jawabnya pemerintah, tetapi justru kedepan ini peran serta GP3A dan P3A itu sangat diperlukan, karena terus terang tanggung jawab operasi pemeliharaan jaringan tidak bisa dilaksanakan pemerintah secara keseluruhan, namun hanya bisa menangani jaringan primer dan sekunder,Jelasnya. (Inc)