Sebanyak 82 Desa Gelar Pilkades dan 191 Pengisian BPD Tahun 2019 -->

Iklan 970x250px

Sebanyak 82 Desa Gelar Pilkades dan 191 Pengisian BPD Tahun 2019

Jumat, 03 Mei 2019


Bima,Incinews.Net- Sebanyak 82 desa dan 191 desa yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa(PILKADES) dan pengisian anggota badan permusyawaratan desa (BPD) di tahun 2019 ini. Hal itu disampaikan oleh dinas pemberdayaan desa melalui kepala bidang pemerintahan desa El- Faisal,MM, saat memberikan pelatihan bagi operator desa mengenai sistem aplikasi keuangan desa, beberapa waktu yang lalu.

Ia mengatakan sebagaimana amanah undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, bahwa setiap orang yang ingin menjadi kepala desa dan atau anggota BPD, hanya dapat dipilih kembali untuk tiga periode, baik secara berturut-turut , maupun tidak secara berturut-turut,Ungkap Faisal.

“Pencalonan kepala desa dan pengisian BPD, dibatasi maksimal 3 (tiga) periode”,Katanya.

Menyinggung hal lain, yakni pelatihan operator desa dilaksanakan bagi seluruh desa sekabupaten bima, kegiatan pelatihan sistem aplikasi keungan desa (Siskeudes) bertujuan memberikan pemahaman terhadap operator desa dalam hal penganggaran,penataan usaha dan pelaporan keuangan desa,Jelas Faisal.

“Pelatihan siskeudes dilakukan sebanyak 8 (delapan) tahapan, sampai pada 191 desa, supaya desa tertib administrasi dan meninggalkan sistem manusial”,Tegasnya.

Lebih lanjut Faisal menjelaskan, Dinas pemberdayaan masyarakat desa juga telah menyiapkan selver siskeudes, nantinya akan konekting dengan seluruh desa dikabupaten bima,Tutupnya. (inc)