Incinews.net
Kamis, 11 April 2019, 10.29 WIB
Last Updated 2019-04-11T07:47:46Z
PemerintahSosial

Di Indonesia,Kabupaten Bima Daerah Potensi Tinggi Bencana

Bima, incinews.Net- Rapat Koordinasi Pelayanan Informasi Kebencanaan Tahun 2019,Dilaksanakan Oleh Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bima,bertempat di Ruangan Rapat Dinas Setempat. Kamis (11/4).

Kegiatan Mengundang Camat di 18 Kecamatan, Media, Dinas Sosial, Lingkungan Hidup,Dikpora, Dinas PUPR,Kodim Bima dan Polres Kota Bima,Serta Polres Bima. kemudian Kesbangpol,Forum PRB,Bappeda dan Pol PP Kabupaten Bima.

Indra Nurcahya,SH. Selaku Sekretaris BPBD Kabupaten Bima, mengatakan Kabupaten Bima adalah salah satu Daerah Rawan Bencana dari Seluruh Daerah di Indonesia,Ungkapnya. (baca Juga : https://www.incinews.net/2019/03/wabup-dahlan-kunjungi-desa-terdampak.html)

"Dalam Undang-undang 24 Tahun 2007 Tentang Kebencanaan,Terdapat 11 Kriteria Bencana yang tercantum,Didalamnya ada di Kabupaten Bima",Kata Indra. Kamis (11/4).

Menurut Indra Nurcahya, Bencana itu tidak bisa dihindari, tetapu Meminimalisir Resiko,baik Kematian dan Harta Benda dan Resiko Lain yang diakibatkan Oleh Bencana,Terangnya.

Pelaksanaan Penanggung Kebencanaan harus Terencana, terukur dan Menyeluruh. Kemudian   Tanggung Jawab urusan bencana bukan saja  Tanggung Jawab Pemerintah semata, tetapi termasuk Swasta dan Masyarakat,Jelasnya. (https://www.incinews.net/2019/02/kadis-dibalik-jerujitrc-bpbd-sigap.html)

"Penanganan Bencana dilakukan Prabencana,Tanggap Darurat dan Rehabilitasi",Katanya.

Indra Berharap, Kegiatan Rapat koordinasi Pelayanan Informasi Kebencanaan Tahun 2019, mendapatkan kesepakatan Formula atau Kesepakatan bagi Kita dalam Mengelola Informasi terkait kebencanaan,Tutupnya. (Inc).