Incinews.net
Rabu, 20 Maret 2019, 23.38 WIB
Last Updated 2019-03-21T02:50:53Z
BimaDiskominfo

Diskominfostik : Cara Bijak Hadapi Hoax di Medsos


H. Abdul wahab Usman,SH, Kepala Diskominfostik Kabupaten Bima

Bima,incinews.net- Menjelang Puncak Pemilu Tahun 2019, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima, menghimbau kepada masyarakat supaya tidak membangikan Konten-konten yang bernuansa Hoax, karena dapat membuat permusuhan dan disintegrasi bangsa.Hal itu disampaikan H. Abdul wahab, Usman, SH. Rabu (20/3).

“Hoax dibuat untuk mempengaruhi opini publik pada hal –hal tertentu, maka masyarakat diharapkan memeriksa dulu informasi yang tersebar di media sosial baru dapat di sebarkan”,Ujarnya.

Wahab menjelaskan, jika masyarakat tidak memeriksa informasi sebelum dibagikan,maka bisa saja masuk kategori perbuatan Pidana, dari itu “share informasi yang dapat menguntungkan diri sendiri dan orang lain”,Tegasnya.

Selain itu, kita jangan membuat Status-status di media Sosial yang berdana Provokatif atau mengarah pada isu-isu sara. Diskominfo sendiri tetap memantau lalu lintas informasi medsos, kalau ada akun yang  provokatif dan baerbau sara, apalagi Hoax, dipastikan akan dilaporkan ke Kementerian kominfo Pusat, supaya ditindaklanjuti untuk di Blokir, bila syaratnya memenuhi untuk dilakukan, Jelasnya.

“Jangan membagikan Vidio atau Foto kejadian pembunuhan atau bentuk kekerasan lainya tanpa di Blur atau diedit, nanti bisa membuat trauma sosial atau angresi lebih lanjut”,Tutupnya.(inc)