Incinews.net
Selasa, 29 Januari 2019, 07.23 WIB
Last Updated 2019-01-28T23:23:57Z
AmbulansBimaKesehatan

Kadikes: Mobil Ambulans Dipergunakan Hanya Untuk Pelayanan


Dr. Ganis, kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bima
Bima,Incinews.Net- Adanya Protes Keras Pemuda Parado tentang Mobil Ambulans Puskesmas yang tidak dapat digunakan untuk pelayanan Pasien dari kalangan masyarakat Parado dan Penarikan Mobil Ambulans Oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bima,kini dijawan oleh Kepala Dinas Kesehatan.

Dr, Ganis yang ditemui di runganya Senin (28/1/2019) mengatakan Mobil ambulans idealnya hanya ada dua untuk kebutuhan Pelayanan Puskesmas di seluruh Kecamatan Kabupaten Bima, kenapa dua, satu unit untuk pelayanan rujukan, sedangkan yang satunya lagi kebutuhan keliling-keliling dalam rangka sosialisasi dan seterusnya,ungkapnya.

Mobil Ambulans tidak dapat dipakai untuk kebutuhan Pribadi Pegawai termasuk Kepala PKM sekalipun, hanya dapat dipergunakan bagi pelayanan Masyarakat,Kata Ganis.

Sebelumnya Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Parado Abdul Salam, di protes keras oleh Pemuda Parado Hamdan, lantaran menyimpan Mobil ambulans di Rumahnya, Meskipun Abdusalam berdalih serbagai bentuk pengamanan karna Dinas Kesehatan meminta mobil tersebut dengan cara bersurat dua kali.

Lanjut Ganis, Mobil ambulans Parado itu pada dasarnya terdapat 2 Unit, kemudian Pemerintah memberikan mobil baru 2 unit lagi,makanya mobil menjadi 4 Unit, secara otomatis sebagimana berlaku pada puskesmas lainya, mobil bukan di tambah melainkan diganti,Mobil lama dikembalikan, diganti mobil barunyatanya Kepala PKM Parado tidak melakukan hal demikian, Jelasnya.

Ganis mengakui sudah dua kali mengirim surat ke Puskesmas Parado, tetapi kenyataanya Mobil Ambulans belum juga diantar sampai sekarang, malahan saya dengar Kepala PKM Parado memberikan Mobil itu pada Kepala Instalasi Farmasi tanpa sepengetahuan kita, sedangkan harusnya dikembalikan dulu pada bagian aset, lalu urusan pembagianya kita yang tentukan.KIF itu setara Puskesmas, bukan bagian langsung dari dinas,melainkan unit sendiri,Terangya.

Kadikes menegaskan bahwa Mobil ambulans tidak dapat disalahgunakan terkecuali untuk pelayanan, hari ini kita akan melakukan rapat dengan seluruh Kepala Puskesmas di Kabupaten Bima, guna menegaskan tugas dan Tupoksinya kembali dan membahas perkembangan Penyakit yang muncul termasuk Gejala Rabies,tutupnya. (Inc)