Incinews.net
Senin, 11 Maret 2024, 22.47 WIB
Last Updated 2024-03-11T20:29:38Z
KPUNTBPemilu

Rapat Pleno Provinsi Usai, Ini Tiga Caleg DPR RI Dapil Pulau Sumbawa yang Lolos ke Senayan Versi KPU NTB

Foto: Ilustrasi Tiga Kursi DPR RI Dapil NTB I Pulau Sumbawa.

MEDia INSAN CITA (inciNews.net) Mataram - 

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2024 untuk semua jenis pemilihan usai digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB. Senin (11/3/2024) sore Hari.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara tersebut, tiga nama untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) NTB I Pulau Sumbawa hampir dapat dipastikan melenggang ke Senayan.

Ketua KPU NTB Khuwailid mengaku pihaknya bakal melaporkan hasil rekapitulasi suara pemilu 2024 ke KPU RI. Setelahnya, KPU NTB bakal menungu jadwal atau giliran untuk menjalani rapat pleno rekapitulasi suara tingkat nasional.

"Tadi kami hanya menetapkan yang DPRD NTB. Sedangkan untuk hasil pilpres, DPR RI dan DPD itu menjadi kewenangan KPU RI. Tentu dalam beberapa hari ke depan kami akan menyampaikan laporan dan menunggu jadwal rapat pleno di KPU RI," kata Khuwailid usai menggelar Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat Provinsi NTB di Hotel Lombok Garden Mataram 

Usai penetapan resmi oleh KPU RI, Nantinya, kata Khuwailid, akan ada masa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

"Untuk penetapan kursi, pasca-penetapan hasil pemilu secara nasional ada waktu tiga hari bagi peserta pemilu untuk mengajukan komplain, atau yang sering kita sebut masa PHPU. Kalau di NTB tidak ada PHPU, maka kami dapat menepatkan perolehan kursi," jelas Khuwailid.

Berikut tiga partai politik beserta caleg peraih suara terbanyak yang berhasil mengamankan kursi pileg DPR RI dari dapil NTB I Pulau Sumbawa versi rapat pleno tingkat provinsi NTB:

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 194.944 suara, caleg peraih suara terbanyak yakni Magdalena dengan 173.144 suara.

2. Partai NasDem 100.792 suara, caleg peraih suara terbanyak yakni Mori Hanafi dengan 67.727 suara.

3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 97.096 suara, caleg peraih suara terbanyak yakni Johan Rosihan dengan 65.445 suara.

Dari tiga nama di atas, dua nama merupakan wajah baru. Sementara dari PKS yakni Johan Rosihan merupakan petahana.