Incinews.net
Kamis, 21 Maret 2024, 12.42 WIB
Last Updated 2024-03-21T04:47:19Z

Bendungan Mila di Dompu Jadi Tongkrongan Favorit Warga Pulau Sumbawa Saat Ramadhan

Foto: Terlihat Sejumlah Warga memadati areal bendungan Mila.

MEDia INSAN CITA ( inciNews.net) Dompu -

Perjalanan menuju bendungan Mila dari pusat Kabupaten Dompu tidak terlalu jauh. Hanya membutuhkan waktu 30 menit saja dengan menggunakan motor atau mobil. Di tempat ini tidak dikenakan tarif masuk, hanya saja para wisatawan harus membayar parkir sebesar tiga ribu rupiah per kendaraan.

Lokasi tempat ini terbilang strategis karena terletak di pegunungan. Suasana sejuk membuat masyarakat betah untuk berlama-lama menikmati pemandangan sekitar. Di sepanjang perjalanan menuju ke sini, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan lahan jagung warga sekitar.

Bendungan ini cocok sekali dijadikan alternatif menikmati waktu senggang di sore hari bersama orang terkasih. Apalagi saat ini tempat ini sangat ramai, dipenuhi pengunjung yang datang bersama sanak famili.

Bendungan Mila berada di Desa Rababaka dan Desa Matua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu Provinsi NTB, menjadi tempat paling favorit bagi warga untuk dikunjungi saat Ramadhan.

Setiap hari dibulan Ramadan ini, tidak kurang dari ratusan orang warga datang ke bendungan yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2022 lalu itu.

Tidak hanya saat ngabuburit, warga yang didominasi kalangan muda itu juga datang ke Bendungan Mila saat subuh, usai sahur dan sholat subuh.

Nofi salah satu pengunjung yang kerap kali mendatangi bendungan tersebut merasa senang dan apalagi banyak teman yang dikenal. 

"Apalagi teman-teman saya ada yang main gitar sambil nyanyi, ada yang duduk Sambil hafal baca Qur'an, belajar dan aktivitas lainnya, termaksuk ada geng Motor juga tuh jadi banyak aktivitas yang bisa kita lihat dan dengarkan," ungkap perempuan cantik asal Woja ini. Kamis (21/3/2024).

Menurut saya, dengan didukung suasan alam yang indah, sejuk dan adem, sehingga menurut saya wajar masyarakat terutama pemuda memilih bendungan mila jadi tempat yang tepat untuk dikunjungi saat puasa 

"Alhamdulillah kak, selain rumah dan Masjid ini adalah salah satu tempat Favorit saya kalau lagi gabut,"terangnya.

Novi juga menjelaskan, sejumlah pengunjung yang kerap kali datang tidak hanya dari Woja Kabupaten Dompu saja, tapi ada juga masyarakat Bima dan Sumbawa. 

"Mungkin saat ini lagi viral kali yah, ditambah lagi dengan masyarakat saat ini kalau yang baru-baru dan Viral gitu pasti orang lain penasaran. Ditambah lagi dengan panorama alam yang alami dan bagus sekali yah wajar saja. Kalau gabut yaahh ke Dam Mila aja deh, saya yakin kak pasti asyik dan sejuk deh," bebernya.

Karena pemandangan alamnya tersebut, banyak spot foto yang cantik untuk pengunjung berslfie dan foto-foto

Tidak hanya warga atau muda mudi yang nongkrong, Bendungan Mila juga menjadi tempat favorit bagi pemancing pada sore hari.

Ikan-ikan air tawar yang dilepas di bendungan ini, menjadi target para pemancing untuk dikail dan dibawa pulang.