Incinews.net
Sabtu, 04 November 2023, 18.16 WIB
Last Updated 2023-11-04T10:30:41Z
HeadlineHukum

Upaya Pencegahan TPPO, PS Kanit Binmas Polsek Sanggar, Sambangi Warga untuk Sosialisasi.


Sosilalisasi kepada Masyarakat



Bima,Incinews,Net- Polsek Sanggar  Polres Bima Polda NTB, kembali melaksanakan sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang  (TPPO), Jum,at, 03/10/23. Sekira Pukul 10.00.Wita pagi.

 

Kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan tentang TPPO / PMI Ilegal / TKI dan TKW Illegal kali ini dilakukan oleh Ps Kanit Binmas Polsek Sanggar, Aiptu  Adhar di Desa Taloko Kecamatan sanggar Kabupaten Bima.

 

Kapolres Bima AKBP Hariyanto SH., S.I.K., melalui kasi humas Iptu Adib Widayaka mengatakan, Pihak terus menggalakkan penyuluhan dan sosialisasi, upaya tersebut guna pencegahan perdagangan orang diwilayah hukumnya.

 

“TPPO atau tindak perdagangan orang merupakan salah satu tindak kejahatan yang sangat merugikan masyarakat”. Lanjutnya

 

Tindak pidana ini melibatkan perekrutan, pengangkutan melalui bujuk rayu pelaku TPPO untuk berkerja diluar negeri dengan iming-iming gaji besar.

 



"Untuk mengatasi hal ini kami mengambil langkah- langkah yang signifikan, salah melalui sosialisasi pencegahan kepada masyarakat". Ujarnya.

 

Ia menegaskan, penyalur tenaga kerja itu harus legal, memiliki badan hukum, bukan lewat perorangan.

 

Oleh karena itu, masyarakat harus selektif dan segera mencari informasi ke Dinas terkait apa bila mendapatkan ajakan berkerja diluar Negeri.

 

Apabila mengetahui adanya indikasi TPPO agar segera melaporkan ke pihak Kepolisian terdekat atau ke Bhabinkamtibmas yang ada di Desa masing-masing. Tutupnya.