Incinews.net
Rabu, 23 Agustus 2023, 16.18 WIB
Last Updated 2023-08-23T08:20:13Z
MataramNTBNTBgemilang

Wujud Kepedulian Dan Kesetaraan, Pemerintah NTB Zul-Rohmi Bentuk Komisi Disabilitas

Foto: Saat pembentukan Komisi Disabilitas Provinsi NTB.


INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM -

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah bentuk dan Melantik Komisi Disabilitas Daerah Provinsi NTB di Hotel Santika Mataram pada Rabu 23 Agustus 2023.

Pelantikan tersebut sebagai bukti komitmen Provinsi NTB dibawah Kepemimpinan Zul-Rohmi jadikan NTB daerah inklusif Ramah Difabel. Dimana kawan-kawan penyandang disabilitas bisa mendapatkan pelayanan publik yang mudah dan setara di segala bidang. 

Dengan dilantiknya komisi disabilitas ini, Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi ini ingin menyempurnakan ikhtiar NTB untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penyandang disabilitas. Baik dari sisi pendidikan dari sisi kesehatan, hingga dari sisi kesempatan bekerja dan pemberdayaan ekonomi.

"Ini harus kita yakinkan mendapatkan pelayanan yang setara," jelas Wagub  Ummi Rohmi.

Ummi Rohmi berharap dengan dibentuknya Komisi Disabilitas dapat menjadi partner yang baik bagi semua pihak. Komisi Disabilitas diharapkan mampu bersinergi dan berkolaborasi bersama seluruh unsur dalam Pemerintahan Provinsi NTB. 

"Nah, maka dari itu saya sangat berharap komisi disabilitas keberadaannya setelah dilantik menjadi partner yang sangat baik ya untuk semua pihak, karena di sini adalah kita bicara kerja kolaborasi," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB Ahsanul Khalik menyebutkan Proses pembentukan komisi disabilitas ini cukup panjang. Hampir memakan waktu 2 tahun lebih. Pemprov NTB melalui Dinsos NTB bersama-sama dengan UGM, Universitas Mataram, POLDA NTB, Kejaksaan NTB, dan instansi terkait lainnya berupaya membentul Komisi Disabilitas ini. 

"Alhamdulillah hari ini kita akan menyaksikan pelantikan oleh bu wagub, sekaligus melengkapi apa yang dilakukan oleh pemerintah provinsi NTB, karena sekarang kita sudah punya 1 UPTD khusus menangani disabilitas yaitu pusat pelayanan sosial pemberdayaan disabilitas dan perlindungan anak. Kalau asuhan anak berdiri sendiri," jelas Kadinsos. 


Kemudian sekarang disability dari UGM juga, kemudian kawan-kawan dari unram, kemudian dari polda, dari kejaksaan, waktu itu kita terus berdiskusi panjang dari kawan-kawan mbo, sehingga sampai lah kita kepada pembentukan komisi disabilitas ini. Perjalanan panjang ini memang harus menemukan jalannya pada tahun 2023 ini. 

"Alhamdulillah hari ini kita akan menyaksikan pelantikan oleh bu wagub, sekaligus melengkapi apa yang dilakukan oleh pemerintah provinsi NTB, karena sekarang kita sudah punya 1 UPTD khusus menangani disabilitas yaitu pusat pelayanan sosial pemberdayaan disabilitas dan perlindungan anak. Kalau asuhan anak berdiri sendiri," ungkap Pria yang dikenal Pak AK.

Kadinsos melanjutkan, di NTB sendiri terdapat disabilitas yang jumlahnya hampir 28 ribu lebih, tersebar di 10 kabupaten/kota.

"Bahkan nanti bu wagub, disabilitas berat yang tidak ada keluarganya, yang tidak bisa dipelihara oleh keluarganya karena keluarganya miskin, sepanjang hidupnya kita akan buka di pusat layanan sosial yang kita miliki, dia akan dipelihara sampai akhir hidupnya oleh pemerintah provinsi NTB, seperti yang kita lakukan di KSBL," tuturnya.