Incinews.net
Rabu, 16 Agustus 2023, 15.49 WIB
Last Updated 2023-08-16T12:54:18Z
KampusNTBPendidikanUIN

FDIK UIN Mataram Gelar Rapat Evaluasi Perkuliahan, Dekan Tekan Lakukan Hal Sederhana ini


Foto: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dekan Fakultas Kasih Arahahan.


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK -

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan penyelenggaraan pendidikan serta dukungan manajemen menghadapi perkuliahan, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Mataram menggelar rapat evaluasi Perkuliahan untuk 2023-2024 pada Rabu, 16 Agustus 2023 di Aula FDIK UIN Mataram.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, dan seluruh Dosen FDIK.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Dr. M. Saleh Ending, menekankan terkait pentingnya sikap disiplin sebagai seorang profesional, dan tentu menjadi tauladan yang baik bagi semua Mahasiswa Fakultas Dakwah.

"Kita berharap semua dosen dilingkungan FDIK untuk bersikap disiplin, profesional, dan menjadi tauladan yang baik kepada semua Mahasiswa kita." tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk menghadapi tahun akademik 2023-2024, dosen harus memiliki kompetensi dan metode pembelajaran yang tidak keluar dari konteks kongnitif, afektif, dan psikomotorik, serta memiliki pengayaan metode pembelajaran yang tidak monoton.

"Kita harus memiliki kompetensi yang berdasarkan pada aspek pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jangan lagi metode pembelajaran kita monoton, bisalah mengajar di luar ruangan yang memadukan antara teori dengan praktek, atau studi lapangan." tegasnya.

Sedangkan Wakil Dekan I Dr. Ahyar, meminta kepada semua dosen untuk adaptif, dan membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sesuai dengan format, maupun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diharapkan pada Program Studi. Karena hal demikian sebagai penunjang peningkatan mutu akreditasi Program Studi.

"RPS nya sekali lagi saya tekankan disesuaikan berdasarkan format, dan CPL yang telah dibuat masing-masing Prodi. Sebenarnya ini penting untuk meningkatkan mutu Program Studi." Imbuhnya.

Evaluasi perkuliahan sebagai bentuk refleksi terkait inovasi bersama yang dibutuhkan dalam menghadapi tahun pembelajaran di semester gasal 2023-2024.