Incinews.net
Kamis, 17 Agustus 2023, 00.22 WIB
Last Updated 2023-08-16T16:39:26Z
Kabupaten Lombok TimurNTBPendidikan

Gunakan Jaket Kuning, Bocah SD 10 Tahun Sukses Taklukkan Gunung Tertinggi Indonesia

Foto: Terlihat Raihanun Rinjani Pratomo, murid kelas 5 SD Cikal Serpong saat mencapai puncak Gunung Rinjani dengan menggunakan jaket warna kuning.

INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK -

Raihanun Rinjani Pratomo, murid kelas 5 SD Cikal Serpong berhasil mencapai puncak Gunung Rinjani di usianya yang masih 10 tahun, berhasil puncak Rinjani 3.726 mdpl dengan memakai jaket warna kuning.

Bersama dengan orangtuanya, Hanun, panggilan akrabnya melakukan pendakian selama tiga hari dua malam dan lebih dari 60 jam pendakian pada Juni 2023 lalu. 

Hanun dan orangtuanya telah melakukan persiapan sejak 3-4 bulan sebelum pendakian. Hanun menceritakan bahwa ia mempersiapkan dirinya dengan baik dari segi fisik dan mental. 

"Persiapannya itu berenang, sebenernya ga ada persiapan khusus, tapi aku banyak olahraga aja, main sama teman, olahraga dan main basket," ungkap Hanun dalam keterangan resmi Sekolah Cikal, mengutip Kompas.com 

Hanun juga mendapatkan lisensi atau perizinan resmi pendakian dari Taman Nasional Gunung Rinjani di bulan April dari sisi administratif. 

"Dari bawah gunung sampai campsite itu butuh waktu 10 jam, jadi aku lewati 4 pos, di setiap pos itu biasanya istirahat. Tapi, aku sih enggak di setiap pos, kalo di jalan capek istirahat dulu. Di pos 2, makan siang dulu, lanjut pos 3, lalu ke pos 4, terus baru sampai ke campsite Plawangan," cerita Hanun. 

Gunung Rinjani adalah salah satu dari 10 gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Ketinggian Rinjani mencapai 3.762 mdpl. Gunung ini menyajikan pemandangan yang indah. Ada padang rumput yang luas dan hutan tropis. Sehingga jangan heran gunung Rinjani menjadi salah satu gunung favorit pilihan masyarakat di Indonesia untuk dikunjungi dan didaki.


Gunung ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani, yang memiliki luas sekitar 41.330 hektare.