Incinews.net
Sabtu, 05 Agustus 2023, 11.00 WIB
Last Updated 2023-08-05T13:51:51Z
Gubernur ZulkieflimasnyahNTBNTBgemilangPendidikanSumbawa

Selamat! Lombok Tengah Jadi Juara Umum Festival Lomba Qasidah NTB 2023

Foto: Gubernur NTB dengan Didampingi Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) NTB menyerahkan Piala juara umum ke Ketua Lasqi Kabupaten Lombok Tengah.

INSAN CITA (inciNews.net) SUMBAWA -

Kontingen kabupaten Lombok Tengah (Loteng) keluar sebagai juara umum lomba Festival Qasidah dan Bintang Vokalis (Bivo) Tingkat Provinsi NTB Tahun 2023 yang digelar di Kabupaten Sumbawa. 

Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi semangat para peserta dan masyarakat turut meramaikan acara yang digelar oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) NTB.


Ia juga mengapresiasi tim Lasqi Kabupaten Lombok Tengah yang dipimpin Ketua Lasqi Kabupaten Lombok Tengah karena berhasil menjadi juara umum mengalahkan tim kuat dari berbagai daerah di Kabupaten/Kota di Provinsi NTB dengan mengoleksi 7 tropi dari 16 kategori lomba.


"Selamat kepada kontingen Kabupaten Lombok Tengah. Kegiatan Festival Qasidah telah berhasil mendatangkan nilai positif khususnya bagi perekonomian masyarakat di Sumbawa. Hal ini ditandai dengan penuhnya penginapan hingga restoran dan UMKM kuliner yang ada di Sumbawa,"Katanya. Saat penutupan berlangsung, Gubenur NTB didampingi Ketua DPW LASAI NTB, Hj. Niken Saptarini Zulkieflimansyah. Jum'at (4/8/2023).

Dengan datangnya tamu-tamu kita dari Provinsi NTB, datangnya tamu-tamu dari kabupaten kota lainnya, hotel kita di Sumbawa penuh semua, restoran-restoran ramai dikunjungi.

"Banyak UMKM-UMKM yang berjejer di sekitar lokasi Festival juga mendapatkan berkah tersendiri dari berlangsung kegiatan ini,"terangnya.

Bang Zul juga mengatakan kegiatan seperti ini merupakan salah satu cara NTB, untuk mempertahankan diri sebagai salah satu daerah yang memiliki pertumbuhan ekonomi terbaik di Indonesia. 

"Terbukti saat Covid melanda seluruh Provinsi di Indonesia, NTB mampu mengendalikan Covid sekaligus mampu mempertahankan laju pertumbuhan ekonominya," ungkapnya. 

Terakhir, Bang Zul mengapresiasi Kabupaten Sumbawa selaku tuan rumah yang memberikan kesempatan bagi daerah lain menjadi Juara Umum, sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu dari kabupaten/kota lainnya. 

Bang Zul kemudian berharap, Provinsi NTB dapat menjadi tuan rumah pada Festival Qasidah Nasional di tahun ini. 

Sementara itu, Ketua DPW LASQI NTB Niken Saptarini mengatakan, Festival Qasidah ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang budaya daerah.


"Ini tentunya akan menambah wawasan kita secara luas sebagai warga dan bangsa, dan Insya Allah pada akhirnya nanti akan memberikan kontribusi bagi kita semua dalam hal peningkatan SDM di NTB," katanya.


Ia juga mengatakan, festival ini juga disuguhkan sebagai ajang silaturahmi bagi seluruh penggiat qasidah dan musik religi di NTB. Sehingga, jejaring sosial antar peserta dapat terbentuk bukan hanya untuk hari ini, namun juga kedepannya.


"Festival Qasidah pada akhirnya menjadi ajang kita untuk menambah silaturahmi, menambah sahabat dan memberikan pengalaman juga pengetahuan," katanya.


Sebagai informasi, Kegiatan ini telah dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai dari tanggal 2 sampai 4 Agustus 2023.