Incinews.net
Rabu, 30 Agustus 2023, 16.24 WIB
Last Updated 2023-08-30T08:30:32Z
KampusMataramNTBPendidikanUIN

FDIK UIN Mataram Gelar PKL: Mahasiswa Diharapkan Menjadi Praktisi Berkelas Nasional Sampai Internasional

Foto: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram melaksanakan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) 


INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM -

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (FDIK UIN) Mataram, melaksanakan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun akademik 2023/2024 pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Turut hadir Wakil Rektor 1 UIN Mataram Prof. TGH. Adi Fadli, Direktur Pascasarjana UIN Mataram Prof. TGH. Fahrurrozi, Dekan FDIK UIN Mataram Dr. M. Saleh Ending, Wakil Dekan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi NTB (narasumber), Kepala Badan Kepegawaian Daerah NTB (narasumber), Kaprodi, Sekprodi, Dosen, dan Mahasiswa peserta PKL FDIK UIN Mataram.

Ketua Panitia Muhammad Syauki menerangkan bahwa peserta PKL tahun ini mencapai 486 Mahasiswa peserta, yang terbagi menjadi 3 klaster. Klaster pertama yakni PKL reguler dengan peserta 466 Mahasiswa. Klaster kedua, PKL level Nasional dengan peserta 10 Mahasiswa berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Klaster ketiga PKL level Internasional dengan peserta 10 Mahasiswa yang bertempat di Universiti Sultan Zainal Abidin Trengganu Malaysia.

"Peserta PKL tahun ini 486 Mahasiswa, yang terbagi menjadi 3 klaster. Klaster reguler, Nasional, dan Internasional. Level Nasional ada 10 Mahasiswa kita kirim ke Jogjakarta, kemudian level Internasional kita tempatkan di Malaysia kampus UniSZA Trengganu,"ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Dekan FDIK UINMA Dr. Muhammad Saleh Ending menjelaskan bahwa pelaksanaan PKL adalah ajang untuk mengukur nilai praktis, sebagai aplikasi teoritis. Mahasiswa FDIK UIN Mataram dengan adanya PKL klaster Nasional, dan Internasional juga menguji kualitas Mahasiswa untuk membangun kultur akademik lokal, menuju level Nasional hingga Dunia Internasional.

"PKL ini merupakan nilai praktis, dari teori yang telah didapatkan selama kuliah di dalam kelas. Terlebih PKL tahun ini terbagi ada klaster Nasional, dan Internasional sebagai upaya menguji kualitas kultur akademik Mahasiswa FDIK yang biasanya diakusinya kelas lokal, harus naik ke level diskusi Nasional, bahkan Internasional,"jelasnya.

Disamping itu juga Prof. TGH. Adi Fadli selaku Wakil Rektor 1 UIN Mataram memberikan nasihat kepada peserta PKL bahwa proses praktik kerja di lapangan itu harus betul-betul direncanakan untuk kebaikan masa depan. Keywords yang harus kita miliki adalah menjaga sikap sopan santun, loyalitas, jujur dalam pengabdian, dan disiplin. 

"Peserta PKL FDIK UIN Mataram harus membekali diri dengan sikap sopan santun, loyalitas, jujur, dan disiplin."

WR 1 UIN Mataram juga menutup dengan maqolah hikmah "al 'imu yuurats yang artinya ilmu itu membentuk karakter.

"Ingat bahwa ada maqolah al 'ilmu yuurats ilmu membentuk karakter."katanya.

"Semoga pelaksanaan PKL Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram berjalan dengan penuh keberkahan. Aamiin,"tutupnya.