Incinews.net
Senin, 10 Juli 2023, 23.59 WIB
Last Updated 2023-08-28T09:03:43Z
GubernurZulkieflimansyahKabupaten Lombok TimurNTBNTBgemilangPertanian

Didampingi Kadis Pertanian, Gubernur NTB Temui Petani Tembakau Terdampak Banjir

Foto: Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah dengan didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB Fatur Ghani duduk bersama mendengar aspirasi petani tembakau.


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK -

Curah hujan lebat belakangan ini, mengakibatkan terendamnya kawasan pertanian tembakau dan mengancam hasil panen sejumlah desa di Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur. 

Merespon cepat hal itu, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah turun langsung meninjau sejumlah titik lokasi pertanian tembakau yang terdampak di dua kabupaten tersebut pada Senin, 10 Juli 2023. 

Secara berturut-turut, Gubernur NTB mengunjungi Desa Sengkerang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah dilanjutkan tinjauan ke Desa Pandanwangi Kecamatan Jerowaru, Desa Senyiur Kecamatan Keruak dan Desa Moyot Kecamatan Sakra di Kabupaten Lombok Timur. 

Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini kemudian mengarahkan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB untuk segera berkoodinasi dengan Pemerintah Kabupaten serta para petani tembakau dalam mencari solusi dan alternatif. 

Adapun alternatif yang diajukan antara lain, pemberian pupuk dan bibit tanaman pengganti tembakau. Ada pula penggunaan mesin rajang dalam menyelamatkan komponen tembakau yang masih menghasilkan. 

Begitu juga dengan rencana pembuatan atau pemanfaatan saluran irigasi yang baik untuk menghindari hal serupa terjadi dikemudian hari. 

"Selain itu, pemerintah juga akan mengupayakan pendampingan terkait masalah KUR, BLT dan lainnya,"kata Bang Zul.