Incinews.net
Senin, 10 Juli 2023, 21.40 WIB
Last Updated 2023-07-27T19:16:36Z
Gubernur ZulkieflimasnyahNTBNTBgemilangPemerintahan

Novel Paolo Coelho Menginspirasi Gubernur NTB Bang Zul Nginap di Rumah Sakit Jiwa

Foto: Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah Akrab disapa Bang Zul.


INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM -  Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di tengah kesibukannya yang padat, menyempatkan diri bermalam di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma, Rumah sakit tersebut merupakan salah satu Rumah Sakit Jiwa terbaik di Indonesia.

Selain untuk memastikan fasilitas dan pelayanan yang diberikan maksimal, Bang Zul sapaannya, juga ingin memahami lebih dalam dunia kesehatan mental yang ada di NTB. Dengan begitu, Bang Zul berharap stigma negatif terhadap Rumah Sakit Jiwa bisa hilang.

"Rumah Sakit Jiwa memang masih identik dengan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau orang yang kurang waras. Padahal Rumah Sakit Jiwa lebih dari itu. Banyak hal bisa terbantu dengan memahami RSJ juga ahli-ahlinya yang ada di sana," ungkap Gubernur. 

Dengan pemahaman yg baik terkait RSJ, Gubernur berharap tak ada lagi masyrakat yang di pasung di desa-desa. Serta, masyarakat dengan isu kesehatan mental tidak malu lagi berobat ke RSJ Mutiara Sukma. bisa sembuh dan kembali produktif di tengah masyarakat. 

"Apalagi RSJ Mutiara Sukma milik Pemda NTB merupakan salah satu rumah Sakit terbaik di Indonesia," jelasnya. 

Gubernur juga mengungkapkan, ide menginap di RSJ datang setelah membaca buku Paolo Coelho yang berjudul "Veronica Decides to Die". Dalam novel tersebut, Veronika yang berniat bunuh diri dengan menenggak obat tidur hingga overdosis, justeru berakhir di Rumah Sakit Jiwa. 

"Di rumah Sakit Jiwalah akhirnya Veronica memahami arti persaudaraan, persahabatan, kesabaran dan kasih sayang yang sebenarnya," tandas Bang Zul.