Incinews.net
Sabtu, 29 Juli 2023, 15.33 WIB
Last Updated 2023-07-29T19:14:54Z
BimaHMIKAHMINTBPendidikan

Mushola "Insan Cita" HMI Cabang Bima Mulai Dikerjakan, KAHMI : Inilah Bentuk Pengabdian

Foto: Acara pembukaan peletakan batu pertama pembangunan Mushola Insan cita HMI Cabang Bima.

INSAN CITA (inciNews.net) BIMA -Mushola “Insan Cita” Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima mulai dikerjakan. Jum'at (28/7/2023).


Pembangunan mushola yang berada dihalaman Sekretariat HMI cabang Bima di Mande Kota Bima tersebut diawali dengan peletakan batu pertama. Dihadiri oleh perwakilan Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI), Majelis Daerah (MD KAHMI), FORHATI Kota dan Kabupaten Bima, Polres Bima, Polres Bima-Kota, DANDIM 1608, Baznas Kota Bima dan Masyarakat di sekitar kelurahan Mande-Kota Bima.

Majelis Nasional (MN KAHMI), Muhammad Romo Syafi’i, SH, M. Hum, mengapresiasi langkah HMI cabang Bima untuk membangun rumah ibadah, Mushola Insan Cita HMI Cabang Bima. 

"Bahwa tugas HMI memberantas Kebodohan. Walaupun pinggir sawah bangun Musholla itu pertanda HMI Cabang Bima sedang mengabdikan diri untuk Agama dan Bangsa dan inilah yang disebut pengabdian dan bentuknya,” ujar Muhammad Romo Syafi’i.


Pria yang akrab disapa Romo ini mengingatkan bahwa Kebangsaan dan Keislaman harus satu napas, tidak boleh di pisahkan dalam menjalani aktivitas keseharian


Karena ia menilai, bicara Islam, bicara Kebangsaan maka siapapun harus berlaku Adil untuk memakmurkan masyarakat.


"Maka itulah Peradaban Islam dan Manifestasi Nilai Kebangsaan.  Konteksnya selalu dalam kewajiban yang besar, dalam mewujudkan masyarakat adil makmur dalam Beragama dan Berbangsa,”kata Romo.


Ketua HMI Cabang Bima menyampaikan bahwa peletakan batu pertama pembangunan Musholla “Insan Cita” HMI Cabang Bima ini, sebagai ikhtiar untuk mencetak kader yang memiliki wawasan keislaman, di sisi lain lokasi sekretariat HMI Cabang Bima yang berada cukup jauh dari dengan masjid.

"Sehingga setiap kali proses kaderisasi kita menunggu ber jam-jam baru bisa kembali ke forum karena jarak Sekretariat jauh dari Masjid. Jadi, ikhtiar membangun Musholah ini tidak lain hanya untuk mengefektifkan setiap kali proses kaderisasi dan kegiatan lainnya,  Musholah yang di bangun ini tidak sekedar di gunakan oleh anggota HMI saja tetapi bisa di gunakan oleh masyarakat di sekitar sekretariat HMI," jelas Fitrah.

Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut, Presidium MN KAHMI Romo dengan didampingi salah satu bakal caleg DPR RI Partai Gerindra Dapil satu pulau Sumbawa Mohamad Sunan Arief menyerahkan bantuan uang tunai masing-masing Rp10 juta ke HMI cabang Bima.


Pria yang akrab disapa Mas Sunan ini menyampaikan bahwa dirinya sebagai Calon Anggota DPR RI Dapil NTB 1 berjanji akan terus menerus berkontribusi positif untuk warga masyarakat pulau sumbawa.


“Insya Allah kita akan terus berkontribusi positif untuk sebuah kemajuan warga masyarakat Pulau Sumbawa,”ujar mas Sunan.