Incinews.net
Rabu, 26 Juli 2023, 02.00 WIB
Last Updated 2023-07-30T01:18:12Z
MandalikaNTBPariwisataPemerintahan

Mandalika Dapatkan Realisasi Investasi Tertinggi Sebesar 541,2 Juta Dolar AS

Foto: Kawasan Mandalika Kabupaten Lombok Tengah.


INSAN CITA (inciNews.net) JAKARTA -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan Destinasi Pariwisata Super Prioritas(DPSP) dengan realisasi investasi tertinggi berdasarkan data realisasi investasi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tahun 2021-2023 Triwulan I yang diolah oleh Kemenparekraf adalah di kawasan Mandalika Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)


"Nilai realisasinya sebesar 541,2 juta dolar AS,"ungkapnya.


Sedangkan DPSP dengan realisasi investasi terendah adalah Danau Toba (Sumatra Utara) dengan nilai realisasi sebesar 55,16 juta dolar AS. 

Sementara Likupang (Sulawesi Utara) menyusul di urutan kedua dengan realisasi investasi sebesar 484,29 juta dollar AS. Disusul Borobudur dengan realisasi investasi sebesar 366,63 juta dollar AS. Dan Labuan Bajo dengan realisasi investasi sebesar 114,2 juta dollar AS sebagai urutan keempat. 

“Harapan kami melalui investasi akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Investasi akan menghadirkan ekonomi yang lebih berkeadilan,” ujar, Sandiaga Uno (25/7/2023). Saat The Weekly Press.

Sandiaga menyebut Kemenparekraf terus berupaya agar kelima DPSP bisa mendapatkan peluang ekonomi yang sama rata. Pihaknya mendorong berbagai variable yang dianggap berpengaruh, seperti program diversifikasi peluang investasi, pemetaan lahan yang jelas, positioning dan tema yang unik, pemilihan pengelolaan kawasan yang berpengalaman, pematangan konsep, kemudahan konektivitas dan lain sebagainya.


"Harapan kami melalui investasi akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Investasi akan menghadirkan ekonomi yang lebih berkeadilan," ujarnya.