Incinews.net
Kamis, 27 Juli 2023, 00.27 WIB
Last Updated 2023-07-27T05:11:22Z
EkonomiGubernur ZulkiflimasnyahLombokNTBgemilangPemerintahan

Gubernur Bang Zul Resmikan Pabrik Porang Pertama NTB

Foto: Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah saat meresmikan pabrik porang PT. Rezka Nayatama di Sekotong Lombok Barat.


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK -Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah meresmikan pabrik porang PT. Rezka Nayatama di Sekotong Lombok Barat, Rabu (26/7/2023). Dan merupakan pabrik porang pertama yang berdiri di Provinsi NTB

Pada kesempatan tersebut, Gubernur NTB yang akrab disapa Bang Zul ini meminta agar semua pihak harus terus bersama sama menjaga kondusifitas daerah agar memberikan kenyamanan bagi investasi di NTB. Di sisi lain Bang Zul juga mengungkapkan bahwa sebagai pemerintah memiliki peranan penting untuk memastikan lingkungan aman dan nyaman  bagi para investor.

"Jangan sampai ada investor tidak nyaman di daerah kita. Karena jika tidak nyaman akan sulit menyakinkan lagi". Ungkap Bang Zul.

Selanjutnya ditegaskan Bang Zul, Tidak ada suatu daerah mencicipi kemakmuran kesejahteraan tanpa melalui proses industrialisasi. Baginya industrialisasi tidak melulu dengan pabrik besar ataupun urbanisasi namun industrialisasi dikatakan Bang Zul merupakan cara paling pintas dan praktis bagi daerah untuk _match of procces to home industralitation_.

"Industrialisasi ini adalah cara kami untuk menuju kemajuan. Selama ini daerah kami hanya mampu melakukan traditional industri komoditi namun dengan hadirnya pabrik pengolahan porang ini menjadi sinyal industrialisasi di NTB on the right track," tegas Bang Zul.

Sebelumnya Direktur PT. Rezka Nayatama Mahatma Ilham Panjaitan dalam sambutannya mengatakan, pabrik yang didirikan itu memiliki visi jelas memajukan daerah serta berkomitmen memajukan ekonomi kerakyatan melalui proses pengolahan umbi porang.

" Selain Proses produksi yang steril serta lebih mengedepankan kualitas melalui pengawasan setiap tahapan produksi. Kami juga berniat memajukan ekonomi masyarakat khususnya petani porang," kata Ilham.

"Produksi perdana ini sekitar 2 ton porang dan diperkirakan 12 ton perhari dengan target tujuan ekspor ke negera asia seperti China, Jepang dan beberapa negara di Eropa,"tambah Ilham.

Sementara itu, melalui sambungan Zoom Menteri Koperasi UMKM RI Teten Masduki mengapresiasi atas diresmikannya pabrik porang di Lombok tersebut, baginya dengan hadirnya industri pabrik porang akan memberikan nilai tambah bagi komoditas unggulan di Indonesia, utamanya bagi olahan yang bahan bakunya dari porang.

"Semoga memberikan kesejahteraan bagi petani dan UMKM serta masyarakat sekitar. Mari majukan industri porang di tanah air," ujar teten.