Incinews.net
Kamis, 20 Juli 2023, 20.13 WIB
Last Updated 2023-07-27T05:26:22Z
NTBPendidikanUnram

Dokter Cantik Lulusan UNRAM ini Berbagi Kiat Sukses Menjadi Lulusan Terbaik

Foto: Dokter baru berusia 23 tahun yang memiliki hobi membaca buku cerita Made Ratna Dewi menjadi lulusan terbaik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (UNRAM).


INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM -Berkat punya trik belajar efektif Made Ratna Dewi menjadi lulusan terbaik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (UNRAM) dengan predikat cumlaude IPK 3.93.

Dokter baru berusia 23 tahun yang memiliki hobi membaca buku cerita ini juga memperoleh nilai OSCE di atas 9O dan nilai CBT 84. OSCE dan CBT sendiri merupakan bagian dari Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) yang telah berlangsung pada bulan Mei lalu. 

Sebagai lulusan terbaik, Dewi membagikan kiat-kiatnya dalam mempersiapkan diri sebelum menghadapi UKMPPD 2023. 

“Tentunya sesudah menyelesaikan koas, saya mulai fokus untuk persiapan ujian UKMPPD. Mulai dari ikut pembelajaran-pembelajaran online maupun offline yang disediakan oleh kampus. Kemudian tentunya hampir setiap hari dari pagi sampai malam belajar materi ujiannya itu. Kurang lebih sekitar 5 bulan untuk persiapan ujian setelah koas. Ujiannya Mei, jadi dari Januari-Mei belajar terus,” terang Dewi. Saat Pengambilan Sumpah Dokter ke-47 Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) dengan melantik 57 orang dokter baru. Acara tersebut berlangsung di Hotel Lombok Raya 

Dewi juga menyebutkan jika dirinya sangat beruntung bisa menempuh pendidikan di FK Unram, karena semua dosen sangat merangkul mahasiswanya dan mengajar dengan penuh kesabaran terutama selama di tahap profesi para mahasiswa berkesempatan mendapatkan kasus yang bervariasi. 

“Kami juga berkesempatan untuk langsung diajarkan oleh ahilnya, dokter-dokter spesialis yang ada di rumah sakit secara langsung dan dekat. Kami dibimbing dalam mencoba mengambil tindakan-tindakan jadi pengalamannya dapet banget,” ucap dokter Dewi.

Sepanjang masa pendidikannya, pengalaman yang paling berkesan bagi Dewi adalah ketika ia bertemu dan berinteraksi dengan pasien-pasien di rumah sakit.